Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Garuda Indonesia Tambah Frekuensi Penerbangan, Ada Jakarta-Singapura PP

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan menambah frekuensi penerbangan untuk beberapa rute.

Dalam tahap awal, penambahan frekuensi akan dilakukan secara bertahap mulai bulan Juli hingga Agustus mendatang, di sejumlah sektor penerbangan keberangkatan dari Jakarta. Di antaranya ada Batam, Balikpapan, Denpasar, Medan, Makassar, Surabaya, dan Singapura.

“Penambahan frekuensi penerbangan ini diharapkan dapat turut mendukung proses pemulihan pariwisata kita dan memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, dalam pernyataan tertulis, Kamis (21/07/2022).

Lebih lanjut, kata Irfan, penambahan frekuensi tersebut akan dilakukan dengan mempertimbangkan performa rute secara berkelanjutan, serta optimalisasi armada yang akan terus ditinjau dan dievaluasi oleh Garuda.

“Penambahan frekuensi kami laksanakan secara bertahap melalui evaluasi khususnya terhadap rute-rute yang berkontribusi positif terhadap kinerja perusahaan dan juga secara berkala kami selaraskan dengan ketersediaan armada yang terus kami optimalkan," tuturnya.

Daftar rute penerbangan dan tambahan frekuensinya

Melalui penambahan frekuensi penerbangan tersebut, dalam fase awal ini Garuda Indonesia akan menambah kapasitas layanan penerbangan untuk sejumlah rute domestik dan internasional, yaitu:

Melalui penambahan frekuensi penerbangan ini, Garuda Indonesia diproyeksikan dapat mengoperasikan 850 penerbangan per minggu selama bulan Agustus 2022 mendatang.

Adapun angka ini meningkat sebesar 32 persen dibandingkan bulan Juni lalu, yang sebelumnya berkisar di 650 penerbangan per minggu.

Irfan mengatakan, penambahan frekuensi ini akan dilakukan dengan saksama, sekaligus memastikan performa rute memiliki outlook (harapan) kinerja positif yang solid dan konsisten dalam jangka panjang.

Lebih lanjut, ia menyebut ketersediaan jumlah armada pesawat serviceable (yang dapat melayani) juga akan meningkat secara bertahap.

"Pada periode Juli sampai dengan awal Agustus ini, Garuda direncanakan akan kembali mengoperasikan tiga pesawat Boeing 737-800 NG yang sebelumnya direlokasi oleh lessor (penyewa)," ungkap Irfan.

Ia menambahkan, ke depannya maskapai penerbangan ini juga akan terus memaksimalkan penambahan frekuensi penerbangan ke rute-rute lain, sekaligus menggarap berbagai peluang.

“Selain fokus dalam optimalisasi rute penerbangan, kami juga akan terus mengembangkan peluang pendapatan usaha lainnya dari lini bisnis di luar penerbangan berjadwal seperti optimalisasi angkutan kargo, ancillary revenue (pendapatan tambahan), hingga kerja sama bersama mitra strategis kami lainnya,” tutur dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/21/200700527/garuda-indonesia-tambah-frekuensi-penerbangan-ada-jakarta-singapura-pp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke