Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semarang Kota Paling Berkelanjutan, Menurut Green City Metric UI

KOMPAS.com - Pemeringkatan Universitas Indonesia (UI) Green City Metric 2022 mengumumkan tiga kota berkelanjutan terbaik di Indonesia.

Semarang di Jawa Tengah berada pada posisi pertama, sementara di posisi berikutnya secara berturut-turut adalah Kediri di Jawa Timur dan Padang di Sumatera Barat.

Dikutip dari Antara, selama 12 tahun, kampus tersebut telah melaksanakan UI Green Metric World University Rankings.

Sementara pada tahun ini UI mengumumkan UI Green City Metric untuk Kabupaten/Kota berkelanjutan di Indonesia.

"Perkembangan dalam bidang keberlanjutan dirasa cukup penting tidak hanya bagi institusi pendidikan seperti universitas, namun juga bagi cakupan area atau wilayah yang lebih luas lagi seperti Kabupaten/Kota."

Demikian ungkap Ketua UI Green Metric, Prof Dr Ir Riri Fitri Sari dalam Pengumuman dan Pemberian Anugerah UI Greencitymetric Rankings 2022, Kamis (21/07/2022), seperti dikutip Antara.

Ia menjelaskan, pemeringkatan dilandasi tiga pilar, yakni lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial.

Secara rinci, beberapa aspek yang menjadi penilaian antara lain tata ruang dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, tata kelola sampah dan limbah, tata kelola air, akses dan mobilitas, serta tatapamong atau governance.

"Diharapkan pula isu-isu keberlanjutan di Kabupaten/Kota di Indonesia menjadi isu nyata yang dapat mulai dibicarakan dan diperhatikan oleh pemerintah daerah dan pusat di Indonesia,” ujar Guru Besar Fakultas Teknik UI dengan kepakaran teknologi informasi atau komputer itu.

Ke depannya, diharapkan semakin banyak Kabupaten/Kota yang bergabung dalam pemeringkatan ini untuk mewujudkan Indonesia yang semakin berkelanjutan.

Selain itu, UI juga memberikan penghargaan untuk enam kategori penilaian. Berikut kategori dan pemenangnya:

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Dalam sebuah paparan, seperti dikutip dari Tribun Jateng, pembangunan berwawasan lingkungan memang menjadi salah satu dari lima misi pembangunan yang dibawanya.

Menurutnya, beberapa upaya terkait tata ruang dan infrasturktur terus dilakukan, seperti penataan kawasan kumuh dan memperbanyak rumput vetiver untuk pencegahan longsor.

Sedangkan terkait iklim dan energi salah satu upayanya adalah dengan aturan Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak menggunakan kendaraan pribadi, melainkan menggunakan kendaraannumum atau berbasis online.

"Kami berharap kita bersama bisa ciptakan kota yang nyaman untuk warga kota Semarang. Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi penyemangat kita dalam menyempurnakan sustainability semoga semakin lestari untuk anak cucu kita," tuturnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/22/060200427/semarang-kota-paling-berkelanjutan-menurut-green-city-metric-ui

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke