Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Layanan Paylater untuk Liburan, Jalan-jalan Dulu Bayar Kemudian

KOMPAS.com - Paylater adalah layanan yang memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran pada waktu tertentu setelah transaksi dilakukan, dilansir dari Kompas.com, Senin (9/5/2022).

Layanan ini juga bisa dijumpai di berbagai aplikasi gaya hidup dan wisata di Indonesia, sehingga bisa digunakan untuk keperluan liburan.

Walau mudah, paylater sebaiknya dibarengi dengan kebijakan dalam mengelola keuangan, sehingga tidak menyulitkan pengguna usai berlibur dan tidak melewati tanggal jatuh tempo.

Berikut empat layanan paylater di sejumlah aplikasi liburan yang bisa digunakan wisatawan.

Aplikasi Atome adalah penyedia layanan buy now pay later (belanja sekarang, bayar kemudian) di Asia, termasuk di Indonesia.

Penyedia layanan ini telah bekerja sama dengan The Ascott Limited (Ascott) untuk fasilitas pembayaran non-tunai tanpa kontak di seluruh jaringan hotel Ascott Indonesia. Konsep ini bertajuk Staycation Now Pay Later (menginap dulu, bayar kemudian).

"Dengan kerja sama ini, setiap transaksi di jaringan Hotels dan Serviced Residences milik Ascott oleh pengguna Atome, kini dapat dijadikan cicilan dengan bunga mulai dari nol persen dan tenor cicilan yang dapat diatur hingga 12 bulan," tutur Regional General Manager Ascott untuk Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina, Charles Lee Abbott, melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Kamis (21/7/2022).

Wisatawan juga bisa menikmati diskon 10 persen hingga Rp 300.000 dengan transaksi minimal Rp 500.000, untuk setiap pemesanan kamar di jaringan properti Ascott hingga periode tertentu.

Jika ingin menggunakan program paylater ini, wisatawan bisa mengunduh aplikasi Atome. Proses pengajuan kredit dan persetujuan menghabiskan waktu sekitar tiga menit. 

Setelah proses aplikasi disetujui, wisatawan bisa memindai kode QR Atome di meja resepsionis, serta menyelesaikan transaksi. 

Traveloka PayLater jadi salah satu metode pembayaran untuk sejumlah keperluan, di antaranya tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus dan travel, hotel, taman hiburan, serta makanan dan minuman.

Dilansir dari situs web resminya, pengguna dapat memperoleh batas (limit) hingga Rp 50 juta. Pembayaran bisa dilakukan dalam 30 hari setelah transaksi, atau dicicil dengan skema beberapa sampai 12 bulan dengan bunga.

Bila ingin mendaftar, pengguna harus berumur 21 - 70 tahun, menyiapkan KTP, dan mengunduh aplikasi Traveloka. Proses verifikasi umumnya menghabiskan waktu kira-kira satu jam.

Tiket.com juga menyediakan paylater untuk membayar berbagai produk yang tersedia di aplikasi tersebut. Mulai dari tiket pesawat hingga aneka aktivitas wisata.

Untuk mendaftar ke layanan ini, wisatawan harus berusia antara 20 - 65 tahun dan memiliki kartu identitas yang sah. Setelah mengunduh aplikasi, wisatawan dianjurkan untuk mengisi data diri dan menunggu aplikasi disetujui. Waktunya bisa mencapai satu hari kerja. 

Pembayaran paylater bisa dengan cicilan sampai 12 bulan. Dikutip dari laman resminya,  terdapat biaya tambahan tergantung periode cicilan dan keterlambatan.

Agen perjalanan daring Pegipegi telah bekerja sama dengan Akulaku PayLater.

Cara menggunakan layanan ini adalah dengan mengunduh aplikasi Akulaku, lalu melakukan registrasi hingga memperoleh limit kredit. Prosesnya bisa memakan waktu hingga 24 jam. 

Adapun jangka waktu pembayaran cicilan paylater juga beragam, mulai dari 30 hari hingga 24 bulan, dikutip dari laman resminya.

Selain Akulaku PayLater, terdapat pula opsi layanan paylater dengan Kredivo di Pegipegi.

Wisatawan wajib memiliki akun Kredivo agar bisa menggunakan layanan ini. Hal ini karena pembayaran akan berlanjut ke aplikasi tersebut. 

Periode pembayaran cicilan yang tersedia mulai dari 30 hari hingga enam bulan.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/22/181742427/4-layanan-paylater-untuk-liburan-jalan-jalan-dulu-bayar-kemudian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke