Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalan-jalan ke 4 Kota Eropa Naik Satu Kereta, Ini Faktanya

KOMPAS.com - Wisatawan bisa berkelana ke berbagai kota di Eropa, terutama London, Paris, Brussel, dan Amsterdam, dengan menggunakan satu kereta saja, yaitu Eurostar.

Eurostar sendiri dikenal pada tahun 1994 sebagai kereta api transnasional yang menghubungkan London, Brussel, dan Paris.

Saat ini, rutenya bertambah menuju Amsterdam, dengan tiga belas tujuan berbeda di antara rute tersebut.

  • 5 Tempat Wisata Bogor ala Eropa, Serasa di Luar Negeri
  • 10 Pantai Terindah di Eropa 2022, Ada yang Berpasir Keemasan

Kereta ini juga melaju hingga 320 kilometer per jam, sehingga sangat cepat dan efisien untuk melakukan perjalanan di antara kota-kota besar di Eropa.

Jika tertarik untuk mengunjungi empat kota dengan satu kereta, simak beberapa fakta Eurostar yang sudah Kompas.com rangkum dari The Travel dan laman resminya, Jumat (22/07/2022).

Salah satu manfaat melakukan perjalanan dengan kereta api adalah, moda transportasi ini lebih berkelanjutan untuk lingkungan, dibanding pesawat atau mobil.

Tak hanya energinya yang lebih ramah lingkungan, Eurostar juga menggunakan 90 persen air daur ulang untuk mencuci kereta mereka.

Meski mungkin ada beberapa maskapai penerbangan yang dapat menghubungkan kota-kota tersebut dengan harga lebih murah daripada Eurostar, namun kereta ini memiliki keunggulan tersendiri.

Di antaranya, penumpang yang membawa koper atau barang bawaan berat lainnya, tidak perlu membayar biaya tambahan untuk bagasi.

Kemudian, kereta ini juga menghubungkan wisatawan dari pusat kota ke pusat kota lainnya. Artinya, wisatawan tidak perlu membayar taksi atau bus agar dapat sampai ke pusat suatu destinasi, yang biasanya harus dijangkau dengan menambah waktu 20-30 menit.

Sebaliknya, Eurostar akan menurunkan penumpang di stasiun kereta utama di setiap kota, sehingga waktu perjalanan juga bisa dipangkas.

Wisatawan dapat mengunjungi empat kota (London ke Brussel, Brussel ke Amsterdam, Amsterdam ke Paris) menggunakan Eurostar dalam waktu kurang dari 10 jam dari total waktu perjalanan kereta api.

Bahkan, wisatawan juga bisa berhenti langsung di kawasan Disneyland Paris, jika ingin mengunjungi taman hiburan ini. 

Tak hanya itu, kereta Eurostar bahkan melalui jalur bawah laut. Kereta ini berjalan di bawah Selat Inggris, yang menghubungkan Inggris ke Perancis dalam terowongan bawah air sepanjang 37,9 kilometer.

Meski terlihat panjang, ternyata hanya membutuhkan waktu sekitar dua puluh menit untuk melewati terowongan bawah air terpanjang di dunia ini. 

Wisatawan bisa memesan dan mengecek harga tiket masing-masing tujuan melalui laman resmi Eurostar.

Untuk satu kursi kereta api dari London ke Paris yang memakan waktu sekitar 2 jam 16 menit, biayanya mulai dari 178 dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 2,6 juta jika dipesan beberapa minggu sebelumnya. 

Lalu, tiket satu kursi Brussel ke London sekali jalan dibanderol mulai 103 dollar AS (sekitar Rp 1,5 juta), sedangkan tiket Amsterdam ke London berkisar antara 70-140 dollar AS (sekitar Rp 1-2 jutaan).

Kereta ini juga menawarkan berbagai promosi serta diskon pada waktu tertentu, yang informasinya bisa diakses melalui laman resminya. 

Sebagai informasi, Eurostar juga menyediakan bistro kecil yang menjual aneka camilan dan makanan ringan di dalam kereta, termasuk secangkir teh yang bisa menemani perjalanan para wisatawan. 

https://travel.kompas.com/read/2022/07/22/211955327/jalan-jalan-ke-4-kota-eropa-naik-satu-kereta-ini-faktanya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke