Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Denda Telat Check Out Hotel? Jangan Anggap Sepele

KOMPAS.com - Check out merupakan tahapan akhir saat tamu menginap di sebuah hotel. Apabila jadwal menginap sudah habis, tamu harus melakukan check out sebelum meninggalkan hotel. 

Mengutip dari Kompas.com (6/8/2020), check out adalah aktivitas tamu mengeluarkan barang-barang dari kamar sekaligus menyelesaikan pembayaran usai habis masa menginap di hotel. Tak lupa, tamu hotel mengembalikan kunci kamar kepada resepsionis di lobi hotel. 

Setiap hotel memberlakukan ketentuan terkait dengan waktu check out. Apabila melebihi waktu check out yang sudah ditetapkan, pada umumnya pihak hotel akan mengenakan charge atau tambahan biaya, alias denda. 

Waktu check out hotel 

Pada umumnya, waktu check out hotel adalah pukul 12.00. Namun, setiap hotel tentunya memiliki kebijakan masing-masing terkait aturan check out. 

Salah satu hotel yang memberlakukan waktu check out maksimal pukul 12.00 adalah Harper Malioboro. 

“Maksimal waktu check out di Harper Malioboro adalah pukul 12.00,” ujar Marketing Communication Manager Harper Malioboro Dicky Pratama kepada Kompas.com, Jumat (22/7/2022). 

Ia menuturkan, petugas hotel akan memberitahu tamu mengenai ketentuan waktu check out saat tamu melakukan proses check in. Selain itu, satu jam sebelum waktu check out, petugas hotel akan menelepon tamu untuk menginformasikan kembali waktu check out. 

“Pada pukul 11.00, front desk kami akan menelpon tamu di dalam kamar untuk courtesy, apakah ada rencana extend (perpanjangan). Jika tidak, maka staf kami akan menginformasikan bahwa waktu check out adalah pukul 12.00,” terangnya.

Serupa, Marketing & Branding Manager Harris Hotels & Conventions Festival Citylink Bandung, Rikky Sugiarto menuturkan waktu check out adalah pukul 12.00. 

“Waktu check out itu pukul 12.00. Biasanya staf hotel akan melakukan courtesy call ke kamar sekitar satu hingga dua jam sebelumnya untuk mengingatkan tamu,” terangnya. 

Denda telat check out hotel   

Lantas, bagaimana jika tamu telat check out hotel? Tentunya, setiap hotel memiliki kebijakan masing-masing bagi tamu yang telat check out. 

Namun, pada umumnya pihak hotel akan mengenakan charge atau tambahan biaya, alias denda. Dicky menuturkan tamu yang telat check out di Harper Malioboro akan dikenakan denda sebesar 50 persen dari harga kamar. 

“Maksimal hanya sampai pukul 17.00, dengan biaya tambahan sebesar 50 persen dari harga kamar,” jelasnya. 

Apabila tamu tidak kunjung datang ke lobi melebihi waktu check out, serta tidak menjawab telepon, maka staf hotel akan mendatangi kamar yang bersangkutan. 

“Kalau misal lebih dari pukul 12.00 tidak ada respon, biasa manager on duty dengan security datang ke kamar,” terangnya.

Serupa, Rikky mengatakan, Harris Hotels & Conventions Festival Citylink Bandung akan mengenakan denda maksimal seharga sewa kamar satu malam bagi tamu yang telat check out. 

“Jika check out terlambat, pihak hotel dapat memberikan sanksi denda maksimal seharga rate satu malam yang berlaku di hari itu,” terangnya.

Late check out 

Ada sejumlah hotel yang memberikan fasilitas late check out, yaitu check out lebih lama dari waktu yang sudah ditentukan. Namun, perlu digarisbawahi bahwa setiap hotel memiliki kebijakan masing-masing, sehingga sebaiknya tamu memastikan aturan check out kepada petugas. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (28/1/2020), fasilitas late check out ini hanya diberikan dengan persetujuan hotel. Biasanya, tamu mengajukan late check out atas kondisi darurat atau mendesak. 

Namun, ada sejumlah ketentuan untuk memberikan fasilitas late check out. Biasanya, pihak hotel mengabulkan permintaan late check out apabila tamu terlambat check in. 

Misalnya, tamu tersebut check in pukul 16.00, artinya yang bersangkutan dapat late check-out sampai pukul 14.00. 

Selain itu, hotel juga mempertimbangkan tingkat okupansi. Apabila tingkat okupansi tinggi, maka pihak hotel akan membatasi fasilitas late check out yang diminta pengunjung. 

Kemudian, pihak hotel biasanya membatasi waktu late check out hingga pukul 18.00. Selebihnya, tamu akan dikenai biaya tambahan mulai dari 50 persen hingga tarif menginap satu malam. 

Cara check out hotel 

Cara check out hotel cukup mudah, yaitu para tamu tinggal datang ke  bagian resepsionis di lobi hotel. Proses check out meliputi, penyelesaian pembayaran kamar dan layanan lain jika ada, serta penyerahan kunci kamar. 

“Tamu tinggal turun ke lobi dan menginformasikan ke staf front office, bahwa akan check out dengan menyerahkan kartu kamar,” terang Dicky. 

Hal serupa juga berlaku untuk cara check out hotel sebelum waktunya. Jika tamu harus keluar hotel sebelum pukul 12.00, maka proses check out tidak berbeda dengan check out pada waktunya. 

Sebelum check out, pastikan kembali tidak ada barang-barang yang tertinggal di kamar.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/23/121300627/berapa-denda-telat-check-out-hotel-jangan-anggap-sepele

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke