Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tempat Wisata Bogor yang Mudah Dijangkau, Ada Ngopi Di Sawah

KOMPAS.com - Wilayah Bogor, Jawa Barat, memiliki beragam tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan naik kendaraan umum, berjalan kaki, atau naik kendaraan pribadi. Ada yang berbayar, ada pula yang gratis. 

Selain itu, wilayah ini juga kerap dijadikan tempat berlibur karena membutuhkan waktu berkendara sekitar dua jam dari Jakarta. 

Berikut beberapa tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau dan bisa dijadikan inspirasi berlibur.

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata yang mudah dijangkau. Dari Stasiun Bogor, misalnya, wisatawan bisa berjalan kaki sejauh 1,6 kilometer (km), naik angkutan kota (angkot), atau naik kendaraan pribadi.

Sesuai namanya, Kebun Raya Bogor menawarkan aktivitas wisata alam untuk pengunjung. Selain menjelajahi area seluas 87 hektar ini, wisatawan juga bisa mempelajari aneka tanaman, berfoto dengan latar Instagramable, dan mampir ke taman-taman dengan beragam tema.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (20/6/2022), harga tiket masuk ke Kebun Raya Bogor mulai dari Rp 16.500 pada hari biasa, dan mulai dari Rp 26.500 pada akhir pekan.

Kebun Raya Bogor beralamat di Jalan Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Alun-alun Kota Bogor berada sekitar 190 kilometer dari Stasiun Bogor, sehingga bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Area dengan luas 1,7 hektar ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada tahun 2021. Lokasinya di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Terdapat beberapa zona yang bisa dikunjungi wisatawan, yakni Zona Botani, Zona Olahraga, Zona Religi, dan Zona Plaza. Wisatawan pun bisa wisata kuliner, olahraga santai, dan rekreasi di taman ini.

Museum Pembela Tanah Air atau Museum PETA juga berada tidak jauh dari Stasiun Bogor, yakni kira-kira 1,8 kilometer dan bisa dicapai dengan berjalan kaki atau naik kendaraan pribadi.

Museum PETA dibangun pada tahun 1745, dan menempati bangunan peninggalan Belanda. Dikutip dari laman cagarbudaya.kemdikbud.go.id, di bagian depan museum terlihat monumen Jenderal Sudirman.

Pengunjung bisa mempelajari sejarah terkait PETA dan kemerdekaan Indonesia.

Wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati kopi bisa mampir ke Ngopi Di Sawah.

Alamatnya di Jalan Puri Cemara (Puncak KM.72) Nomor 90, Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lokasi Ngopi Di Sawah dekat dengan Gerbang Tol Ciawi, sehingga bisa dicapai dengan naik kendaraan pribadi.

Di tempat ini, pengunjung bisa menyantap aneka hidangan dan minuman sambil berlesehan, sekaligus memandangi panorama sawah.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau Munasain berada tidak jauh dari Stasiun Bogor, jaraknya 650 meter dan wisatawan bisa berjalan kaki selama kira-kira 10 menit.

Munasain beralamat di Jalan Ir. H. Juanda 22 - 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Pengunjung bisa mempelajari sejarah alam di Indonesia, mulai dari aneka jenis ekosistem hingga keberagaman hayati.

Harga tiket masuk Munasain mulai dari Rp 15.000 per orang pada hari biasa, dan mulai dari Rp 25.000 per orang pada akhir pekan.

Chevilly Resort & Camp berada di Jalan Raya Veteran III Banjarsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata dan menginap ini bisa dijangkau dengan naik kendaraan umum dan kendaraan pribadi, dikutip dari Kompas.com, Senin (18/7/2022).

Wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas di tempat wisata ini, antara lain wisata kuliner, berenang di kolam renang, berfoto di spot Instagramable, dan menginap. Salah satu daya tariknya adalah penginapan berbentuk seperti rumah Hobbit.

Harga tiket masuk Chevilly Resort & Camp mulai dari Rp 25.000. Ada biaya tambahan jika wisatawan ingin mencoba sejumlah wahana yang ada.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/23/190400027/6-tempat-wisata-bogor-yang-mudah-dijangkau-ada-ngopi-di-sawah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke