Salin Artikel

Harga Makanan dan Fasilitas Pari Klegung, "Hidden Gem" di Kulon Progo

KOMPAS.com - Pari Klegung merupakan tempat wisata kuliner di ruang terbuka yang mengusung konsep alam dan budaya pedesaan.

Lokasinya berada di Ngipik Rejo 1, Kanoman Satu, Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta jaraknya sekitar 26 Kilometer.

Karena berlokasi jauh dari keramaian kota, tempat ini cocok disebut hidden gem. Pari Klegung dapat dikunjungi setiap hari, pukul 09.00 - 19.00 WIB. 

Pemilik sekaligus pendiri Pari Klegung adalah Eko Prawoto, seorang arsitek dan dosen pengajar jurusan arsitektur di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta.

Berangkat dari ide membangun desa dan saran teman-temannya yang melihat potensi keindahan alam, Pari Klegung dibangun oleh Eko dengan mengutamakan konsep bangunan asri.

Pepohonan dan tanaman rimbun tetap dibiarkan, sementara bangunannya sendiri banyak menggunakan kayu dan bambu yang baik untuk ekosistem.

Wisata yang baru buka November 2021 ini menawarkan hidangan khas Kulon Progo yang diracik dengan resep keluarga turun-temurun.

Harga makanan dan minuman ala pedesaan di Pari Klegung juga cukup terjangkau, sehingga ramah di kantong.

"Snack-nya saya ambil beberapa (yang khas) dari Kulon Progo, ada geblek, bacem koro, ketela, keju, dan mendoan," ujar istri Pak Eko yang mengelola dapur di Pari Klegung, kepada Kompas.com, Jumat (22/07/2022).

Lebih lanjut, untuk menu utama atau makanan berat umumnya sudah termasuk satu sajian berisi nasi, lauk pauk, kerupuk, dan oseng sayuran.

Menunya sendiri berbeda-beda dan bervariasi setiap harinya. Bahkan, beberapa menu, seperti ikan wader atau beong, tidak selalu tersedia karena menyesuaikan dengan tangkapan nelayan lokal pada hari itu.

Adapun menu favorit di Pari Klegung seperti mangut ikan asap dibanderol seharga Rp 35.000, sudah termasuk nasi, ikan mangut, aneka oseng, tempe garit, dan kerupuk udang.

Jika ingin lebih ekonomis, ada menu makanan berat lain seperti nasi telur kecap Borobudur seharga Rp 15.000 per porsi. Untuk makanan berat sendiri harganya berkisar Rp 15.000 - Rp 35.000.

Bagi penyuka jajanan ringan asin maupun manis, Pari Klegung juga menyediakan beragam camilan. Mulai dari Geblek isi enam buah Rp 10.000, bakwan jagung Rp 10.000, pisang goreng Rp 20.000, mendoan Purbalingga Rp 15.000, tempe benguk bacem Rp 10.000, hingga ketela keju Rp 10.000. 

Sementara, aneka minuman seperti di antaranya teh, jeruk nipis, teh rosela, wedang serai, kopi tubruk, choco ginger, bir pletok, dibanderol kisaran Rp 10.000 - Rp 20.000. 

Tak hanya menikmati kuliner pedesaan, pengunjung yang datang ke Pari Klegung bisa memanfaatkan fasilitas yang ada.

Mulai dari area parkir, kolam Ikan, Museum Benda Biasa, sejumlah spot foto yang menarik, toilet, mushala, hingga sungai. 

  • Cara Check In di Bandara YIA Kulon Progo Yogyakarta
  • 16 Tempat Wisata di Yogyakarta dengan Pemandangan Alam yang Indah

Khusus yang terakhir, sungai di Pari Klegung sering menjadi tempat anak-anak bermain air atau bahkan mandi di sungai yang memiliki air jernih dan bersih. 

Sementara, untuk penginapan, saat ini tersedia beberapa homestay yang berjarak sekitar 2-3 Kilometer dari Pari Klegung.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/25/200400527/harga-makanan-dan-fasilitas-pari-klegung-hidden-gem-di-kulon-progo

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.