Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Barang yang Wajib Dibawa Saat Melihat Embun Upas Dieng

KOMPAS.com - Fenomena embun es atau embun upas kembali muncul di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Selasa (26/7/2022). 

Kepala UPT Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Sri Utami menuturkan, fenomena embun upas tersebut dapat ditemukan di kompleks Candi Arjuna. 

“Embun es atau salju hari ini turunnya di kompleks Candi Arjuna. Untuk saat ini sudah dua hari berturut-turut," kata Sri dikutip dari Kompas.com, Selasa (26/7/2022). 

Ia menuturkan, waktu terbaik untuk melihat embun upas adalah pukul 05.30 WIB, atau pagi hari sebelum matahari terbit. Sebab, jika matahari terbit maka embun upas tersebut akan mencair. 

“(Waktu terbaik melihat embun upas) adalah pagi hari pukul 05.30 WIB di kompleks Candi Arjuna,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (27/7/2022). 

Bagi wisatawan yang hendak melihat embun upas, ada sejumlah barang yang wajib dibawa. Sebab, suhu di dataran tinggi Dieng cukup ekstrem, bahkan mencapai minus satu derajat celcius pada Selasa (26/7/2022). 

Berikut barang yang wajib dibawa saat melihat embun upas Dieng, seperti disampaikan Kepala UPT Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Sri Utami kepada Kompas.com. 

1. Jaket tebal 

Jaket tebal adalah barang yang wajib digunakan oleh wisatawan saat hendak melihat embun upas. Bukan tanpa alasan, saat fenomena embun upas berlangsung maka suhu udara di Dienga sangat dingin, bahkan mencapai minus satu derajat celcius. 

“(Suhu udara di dataran tinggi Dieng) Pada 25 dan 26 Juli berturut-turut turun embun salju, kemarin (Selasa, 26 Juli 2022) suhunya minus satu derajat celcius,” ujarnya kepada Kompas.com. 

Jaket tebal tersebut, mampu menghangatkan sekaligus melindungi tubuh dari cuaca ekstrem. Dengan demikian, wisatawan lebih nyaman saat melihat fenomena embun upas.

2. Sarung tangan 

Melengkapi jaket tebal, Sri juga menyarankan wisatawan menggunakan sarung tangan. Tanpa sarung tangan, wisatawan bisa saja merasakan tangan yang kaku karena suhu yang sangat dingin. 

Tentunya, kondisi tersebut membuat pengalaman menyaksikan embun upas menjadi kurang nyaman. 

3. Tutup kepala 

Selanjutnya, barang yang wajib dibawa saat melihat embun upas Dieng adalah tutup kepala atau topi. Wisatawan bebas memilih jenis tutup yang akan digunakan, asalkan cukup tebal sehingga melindungi bagian kepala dari suhu dingin. 

Ada pilihan model topi trapper, topi bobble dari bahan knit atau rajut, topi dari bahan wol, dan sebagainya. Jika pengunjung tidak membawa penutup kepala, maka bisa membeli dari pedagang cinderamata di sekitar dataran tinggi Dieng. 

Para pedagang menjajakan tutup kepala aneka jenis. Bahkan, wisatawan bisa memilih tutup kepala dengan tulisan Dieng. 

4. Masker 

Sri juga mengimbau wisatawan yang datang untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Salah satunya dengan tetap menggunakan masker. 

Selain mencegh penularan virus Covid-19, masker juga dapat melindungi area mulut dan muka dari dari udara ekstrem. 

5. Obat-obatan 

Barang yang wajib dibawa saat melihat embun upas Dieng selanjutnya adalah obat-obatan. Khusunya, bagi wisatawan yang rentan pada suhu dingin dan memiliki riwayat sakit. 

Selain obat-obatan, traveler juga bisa menyediakan sejumlah vitamin agar kondisi tubuh tetap fit meskipun cuaca sangat dingin. 

6. Kamera 

Mengutip Kompas.com (1/7/2022), barang yang tidak boleh terlupa saat melihat embun upas adalah kamera. Tentunya, setiap wisatawan ingin mengabadikan fenomena alam yang unik tersebut. 

Wisatawan bebas memilih kamera yang akan digunakan untuk memotret embun upas, baik kamera profesional maupun dari handphone. Namun, pastikan bahwa kamera tersebut berfungsi dengan baik sehingga kamu bisa mengabadikan momentum embun upas dengan baik. 

7. Makanan dan minuman hangat 

Selain barang bawaan, Sri juga menyarankan wisatawan yang ingin melihat fenomena embun upas untuk membawa makanan dan minuman hangat. 

Bekal hangat tersebut mampu membuat kondisi tubuh lebih saat berada di suhu yang sangat dingin. Jika tak sempat membawa makanan dan minuman hangat, maka wisatawan bisa membelinya di warung sekitar. 

“Makanan hangat seperti kentang goreng dan lain-lain tersedia di warung-warung yang ada di area candi. Minuman hangat juga tersedia di sana,” ujar Sri dikutip dari Kompas.com. 

https://travel.kompas.com/read/2022/07/27/171500527/7-barang-yang-wajib-dibawa-saat-melihat-embun-upas-dieng

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke