Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seharian Wisata ala Korea Selatan di Jakarta, Bisa ke Mana Saja?

KOMPAS.com - Demam Korea Selatan atau Korean Wave sudah melanda berbagai kota di dunia, termasuk di Jakarta.

Oleh karena itu, tempat makan hingga supermarket yang menjual produk asal Negeri Ginseng bisa cukup mudah ditemukan di ibu kota.

Jika menggemari musik Pop Korea (Kpop), drama korea (Kdrama), atau budayanya secara umum, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat dengan nuansa Korea Selatan yang tersebar di beberapa daerah di Jakarta. 

Berikut rencana perjalanan (itinerary) dalam sehari berwisata ke beberapa tempat bernuansa Korea yang ada di daerah Jakarta.

Perjalanan pagi hari dimulai sekitar pukul 09.00 WIB menyusuri Kali Besar di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Mengutip Kompas.com (12/02/2018), revitalisasi Kali Besar disebut terinspirasi dari penataan sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Tak heran jika desain Kali Besar Kota Tua dikatakan mirip kawasan aliran sungai Han tersebut. Sungai kecil yang mengalir di tengah kemegahan gedung bertingkat itu menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sungai Cheonggyecheon, yang membentang sepanjang 10,84 kilometer, kerap menjadi lokasi syuting film maupun drama Korea, serta menjadi primadona di tengah masyarakat Seoul.

Dari laporan Kompas.com (11/11/2021), terdapat area bawah berupa jalur apung yang cantik. Jika ingin berfoto, biasanya pengunjung piknik di trotoar tepi kali, atau duduk di sejumlah spot yang tersedia.

Selain itu, berbagai macam bunga tampak menghiasi sisi kanan dan kiri sungai. Bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda yang berjajar di samping sungai, menambah alternatif spot foto, dikutip dari Antara (16/07/2018).

Jika sudah cukup terik, sekitar pukul 11.00 WIB, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Loonami House Museum Kpop yang berlokasi di Jalan Surya Wijaya No.35, Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Jaraknya sekitar 8-11 kilometer dari Kali Besar dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Tak hanya menyediakan tempat makan artistik dengan hidangan khas Korea Selatan, Loonami House memiliki daya tarik berupa Museum Kpop. 

Pada ruangan dua lantai, terdapat Loonami Art Space berisi pernak-pernik deretan figur idola Kpop, mulai dari BTS, NCT, EXO, Blackpink, Super Junior, Ikon, hingga Aespa. Desain interior dan pewarnaan di art space ini dijamin akan memanjakan mata pengunjung. 

Makanan dan minuman yang tersedia adalah khas Korea Selatan, dengan beberapa di antaranya mengangkat tema Kpop dan Kdrama. 

Puas berfoto dan menyantap kuliner di Loonami House, saatnya belajar tentang kebudayaan Negeri Ginseng di Pusat Kebudayaan Korea Indonesia (Korean Cultural Center Indonesia atau KCCI).

Korean Cultural Center Indonesia terletak di Gedung Equity Tower Lantai 17, Jalan Sudirman SCBD Lot 9, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Tempat ini berlokasi 13 kilometer dari Loonami House, dengan durasi tempuh sekitar 40 menit. Dengan asumsi berangkat pukul 14.00 WIB dari Loonami, kamu bisa tiba di KCCI pukul 15.00 WIB. 

KCCI sendiri merupakan salah satu tempat untuk mempromosikan kebudayaan Korea. Sehingga, ada beragam fasilitas yang dapat menambah informasi seputar negara tersebut, seperti dilansir dari situs resmi Korean Cultural Culture Indonesia, Rabu (27/07/2022).

Pertama, terdapat IT Show Room, yang memiliki televisi layar besar untuk menyaksikan siaran Korea secara langsung, televisi 3D untuk melihat penampilan superstar Hallyu secara tiga dimensi, dan tiga monitor besar untuk PC yang dilengkapi dengan game online Korea.

Kemudian, ada ruangan kelas yang digunakan sebagai kelas kursus bahasa Korea dan kursus kebudayaan lainnya.

Lalu, ada perpustakaan (Jib Hyeon Jeon) yang menyediakan aneka koleksi buku dalam bahasa Inggris dan Korea beserta DVD film dan drama. Selain itu, di sana kamu bisa menanyakan hal-hal seputar Korea, seperti pariwisata, pendidikan, dan lainnya.

Jika sudah lelah, kamu dapat beristirahat sambil mengobrol dan menikmati teh di ruang istirahat yang nyaman. Ada pula akses internet gratis yang tersedia di sana dan bisa kamu gunakan jika membawa laptop.

Menurut laman resmi, KCCI saat ini beroperasi setiap Senin-Jumat, pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. 

Setelah berkunjung ke KCCI, berpindah sedikit sekitar 2,6 kilometer menuju kawasan Little Korea di Jakarta Selatan.

Di sepanjang Jalan Senayan, Kelurahan Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kamu dapat menemukan sederet restoran, toko, dan salon dengan tulisan Hangul atau alfabet yang digunakan untuk menulis Bahasa Korea. 

Dikutip dari Kompas.id (16/09/2018), ada berbagai restoran Korea di sana, di antaranya Mapo, Kangnam (B/D), Pumba, 88 Korean Kitchen, Legend of Noodle, hingga Jjang Korean Noodle & Grill.

Kamu dapat menemukan berbagai macam produk Korea yang cukup lengkap di supermarket ini. Mulai dari aneka makanan instan, minuman, daging, bumbu khas Korea, selada, hingga kimchi dan daun wijen. 

Selain itu, kamu juga bisa mencicipi langsung makanan khas Korea di lantai dua Mu Gung Hwa, yang menyediakan aneka menu seperti odeng, rapokki, ramyeon, hingga gimbab. 

Nah, bagaimana, tertarik mencoba mengunjungi destinasi-destinasi di atas?

https://travel.kompas.com/read/2022/07/27/203918727/seharian-wisata-ala-korea-selatan-di-jakarta-bisa-ke-mana-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke