Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Kolam Renang Malang, Bisa Ajak Anak-anak

KOMPAS.com - Malang terkenal sebagai kota wisata karena memiliki banyak obyek wisata. Mulai dari wisata alam, taman bunga, theme park, waterpark, wisata edukasi, dan sebagainya. 

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pengalaman seru bermain air di kolam renang dan waterpark, Malang memiliki sejumlah destinasi pilihan.

Berikut rekomendasi kolam renang dan waterpark di Malang seperti dirangkum Kompas.com. 

1. Hawai Waterpark 

Salah satu waterpark favorit di Malang adalah Hawai Waterpark. Mengutip situs Hawai Waterpark, destinasi wisata seluas lima hektar ini mempunyai 12 wahana air yang dapat dinikmati oleh semua umur. 

Selain beragam wahana air, Hawai Waterpark juga menyediakan bermacam pilihan makanan dan minuman di area foodcourt. Pengunjung juga dapat berfoto di spot-spot Instagramable di Hawai Waterpark. 

Lokasinya berada di Jl. Graha Kencana Utara V, Karanglo, Banjararum, Kec. Singosari, Kabupaten Malang. 

2. Taman Rekreasi Sengkaling

Taman Rekreasi Sengkaling merupakan taman hiburan yang memiliki fasilitas wahana air, wahana permainan, dan wahana satwa.

Mengutip dari situs Wisata Sengkaling, terdapat lima wahana air yakni Kolam Kapal Misteri, Kolam Pesona Primitif, Kolam Pesona Tirta Alam, Kolam Pesona Tirta Sari, dan Kolam Cumi-cumi. 

Salah satu daya tarik taman rekreasi seluas 8,5 hektar ini adalah kolam renang dengan sumber air alami. Konon, sumber air yang mengaliri Kolam Tirta Alam, dipercaya bisa membuat orang awet muda. 

Taman Rekreasi Sengkaling terletak di Jalan Raya Mulyoagung Nomor 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. 

3. Waterboom 88 

Daya tarik Waterboom 88 adalah kolam renang yang berada di dekat restoran. Jadi, setelah puas bermain air di kolam renang, pengunjung bisa mencicipi kuliner yang berada di dekat area kolam renang. 

Kolam renang ini dilengkapi dengan seluncur air. Lokasinya berada di Jalan Sidomulyo Gang IV Nomor 2, Kelurahan Wandanpuro, Kecamatan Bululawang, Malang. 

4. Pemandian Ken Dedes

Tak sekadar kolam renang, Pemandian Ken Dedes merupakan tempat bersejarah. Konon, pemandian ini merupakan tempat mandi Putri Ken Dedes dari Kerajaan Singasari, berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki (8/4/2022). 

Lokasi kolam renang ini memang tidak jauh dari Candi Singasari, yaitu kurang lebih satu kilometer. Tepatnya berada di Jalan Anusopati, Kelurahan Candirenggo, Kecamatan Singasari, Malang. 

Pemandian seluas 1,5 hektar ini memiliki kolam renang dewasa dan anak-anak. Selain itu, terdapat kolam ikan serta area bermain untuk anak-anak. 

5. Taman Wisata Lembah Dieng

Taman Wisata Lembah Dieng, atau biasa disebut kolam renang Lembah Dieng merupakan sebuah tempat rekreasi keluarga, wisata edukasi, dan olahraga. 

Berdasarkan informasi dari situs Taman Wisata Lembah Dieng, selain kolam renang obyek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas lain. Meliputi, kolam pemancingan, permainan anak-anak, area outbound, restoran, gazebo, mushala, area parkir, dan sebagainya. 

Keistimewaan Taman Wisata Lembah Dieng adalah air kolam renang yang berasal dari sumber alami. Lokasinya berada di Jalan Wisata Nomor 99, Sumberjo, Kalisongo, Kec. Dau, Kabupaten Malang. 

6. Tirtasani Waterpark 

Kolam renang di Malang selanjutnya adalah Tirtasani Waterpark. Kolam renang ini dilengkapi dengan wahana seluncur air dengan ikon unik di atasnya, yaitu replika cumi-cumi dan kerang. 

Lokasinya berada di Jalan Perusahaan Perumahan Tirtasani Royal Resort Nomor 1, Kelurahan Kepuharjo, Kecamatan Karang Ploso, Malang. 

7. Taman Rekreasi Kota 

Taman Rekreasi Kota (Tarekot) berada di belakang Balai Kota Malang, tepatnya di Jalan Simpang Jalan Mojopahit Nomor 1, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Malang. 

Mengutip situs Pemerintah Kota Malang, Tarekot dibangun pada 2002 dengan tujuan memenuhi keinginan masyarakat akan sarana rekreasi atau tempat bermain anak-anak di tengah kota yang memadai dan terjangkau. 

Salah satu fasilitas Tarekot adalah kolam renang. Selain itu ada sarana olahraga lainnya yakni area jogging dan area senam bersama. 

Tarekot juga dilengkapi dengan dengan taman bunga, taman satwa mini, area kuliner, dan area produk unggulan. 

8. Araya Family Club

Jika kamu ingin menikmati kolam renang di kawasan eksklusif, maka cobalah datang ke Araya Family Club. Araya Family Club merupakan bagian dari The Araya, sebuah proyek kawasan kota mandiri seluas 150 hektar di Malang. 

Berdasarkan informasi dari laman Araya Golf, salah satu fasilitas di The Araya adalah Araya Golf & Family Club. Araya Golf merupakan area permainan golf, sementara Araya Family Club menyediakan sejumlah fasilitas bagi keluarga. 

Salah satunya adalah kolam renang luas yang menyediakan kolam renang dewasa dan anak-anak.

Selain itu, Araya Family Club memiliki sport center yang lengkap mulai dari outdoor tennis court, indoor badminton court, basketball court, football court, fitness center, sauna, dan sebagainya. 

9. Kolam Renang Permatajingga 

Sesuai namanya, kolam renang ini berada di kawasan Perumahan Permatajingga. Akses ke lokasi ini cukup mudah karena dekat dengan jalan protokol, yakni Jalan Soekarno-Hatta, Malang atau sekitar satu menit. 

Mengutip situs Permatajingga, kolam renang merupakan salah satu fasilitas umum yang disediakan pihak pengelola. Selain kolam renang, kawasan ini memiliki lapangan tenis, area jogging, dan sebagainya. 

Meskipun berada di tengah kota, kolam renang Permatajingga dikelilingi dengan ruang terbuka hijau sehingga memberikan kesan asri.

10. Taman Wisata Air Wendit 

Taman Wisata Air Wendit atau Wendit Waterpark merupakan salah satu tempat wisata di Malang.

Berdasarkan informasi dari situs Pemerintah Kota Malang, daya tarik Wendit Waterpark adalah keberadaan puluhan kera jinak yang bebas berkeliaran di hutan kecil dekat area kolam renang. 

Konon, mandi di kolam Wendit Waterpark berkhasiat membuat wajah tampak awet muda. Lokasinya berada di jalan utama ke arah Gunung Bromo melalui Tumpang atau Poncokusumo, tepatnya di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Malang. 

Jadi, setelah puas menikmati kebun bunga warna warni, wisatawan bisa bermain air di kolam renang yang tersedia. Taman Selecta berada di Jalan Raya Selecta Nomor 1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.  

12. Taman Wisata Tlogomas 

Taman Wisata Tlogomas merupakan tempat rekreasi yang dilengkapi dengan kolam renang dan arena bermain untuk anak-anak. Ikon dari Taman Wisata Tlogomas adalah replika dinosaurus. 

Terdapat wahana seluncur air di area kolam renang. Lokasinya berada di Jalan Baiduri Pandan Nomor 17, Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/27/220800627/12-kolam-renang-malang-bisa-ajak-anak-anak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke