Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Fakta Kebakaran Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan

KOMPAS.com - Musibah menimpa salah satu resort di Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan mengalami kebakaran pada Sabtu (30/7/2022) pukul 19.15 WITA. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, Sabtu (30/7/2022), kebakaran yang terjadi cukup hebat sehingga beberapa bangunan resort habis dilalap jago merah. Saat ini, api sudah berhasil dipadamkan dan sejumlah tamu serta karyawan berhasil dievakuasi. 

Berikut fakta-fakta kebakaran di Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan hingga situasi terkini seperti dirangkum Kompas.com. 

1. Api baru padam pukul 24.00 WITA 

Coroporate Marketing Communication Manager Jambuluwuk Hotel and Resorts, Martha W. Thomas membenarkan musibah kebakaran tersebut terjadi pada Sabtu (30/7/2022). Ia mengatakan, kobaran api baru dapat dipadamkan pada pukul 24.00 WITA. 

Itu berarti, kebakaran berlangsung sekitar lima jam, mulai dari pukul 19.15 WITA sampai dengan 24.00 WITA. 

“Sekitar pukul 24.00 malam, api berhasil dipadamkan dikarenakan keterbatasan alat dan pemadam kebakaran di Pulau Gili Trawangan,” terangnya kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).  

2. 49 vila terbakar 

Martha mengungkapkan, kobaran api membakar 49 vila dari total 95 vila di Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan. Berdasarkan informasi dari situs Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan, vila atau kamar di resort tersebut mengambil inspirasi dari rumah tradisional Desa Lombok, yang dilengkapi dengan teras menghadap ke pantai atau taman. 

Sementara, atap kamar-kamar tersebut terbuat dari ilalang serta terdapat sejumlah komponen kayu pada bangunan, sehingga mudah terbakar, seperti dikutip dari Kompas.com (30/7/2022). 

3. 37 tamu dievakuasi 

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 37 tamu dan 37 karyawan dievakuasi ke hotel terdekat. Martha memastikan semua tamu tersebut telah mendapatkan kompensasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

“Kurang lebih sekitar 37 tamu sudah dievakuasi ke hotel terdekat, dan 37 karyawan,” ujarnya.  

Saat ini, pihak Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan fokus pada penanganan dan pemenuhan kebutuhan tamu-tamu serta karyawan yang dievakuasi, agar tidak kekurangan sesuatu apa pun. 

4. Tidak ada korban jiwa

Martha juga menegaskan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Semua tamu dan karyawan berhasil dievakuasi ke lokasi yang aman pada saat kejadian. 

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa,” katanya. 

Ia mengucapkan terima kasih kepada aparat dan warga setempat yang sudah membantu proses pemadaman api, di tengah kondisi angin kencang dan keterbatasan alat pemadam kebakaran. 

5. Penyebab kebakaran masih diselidiki 

Saat ini, lanjut Martha, pihak berwajib masih menyelidiki penyebab kebakaran. Karenanya, ia belum bisa menyampaikan penyebab kebakaran. 

“Untuk sementara, kami belum bisa menyimpulkan apa yang terjadi dan sedang menunggu hasil investigasi dari pihak yang berwenang,” terangnya.

Namun, ia menggambarkan bawah kondisi angin di area tersebut sangat kencang. Jadi, apabila ada warga yang membakar rumput atau sampah akan mudah menyambar ke lokasi sekitarnya. 

“Itu hanya perkiraan yang kami lihat saat ini,” imbuhnya.

6. Total kerugian

Martha juga mengungkapkan pihak manajemen belum bisa menghitung total kerugian yang dialami akibat peristiwa tersebut. Saat ini, pihak manajemen Jambuluwuk Hotel and Resorts tengah meninjau lokasi. 

“Tim kami corporate (Jambuluwuk Hotel and Resorts) terbang hari ini (ke Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan) untuk menindaklanjuti langkah ke depannya,” tuturnya. 

7. Fasilitas Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan

Untuk diketahui, Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan merupakan resort milik jaringan Jambuluwuk Hotels and Resorts. 

Berdasarkan informasi dari situs Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan, resort ini berada di atas lahan seluas dua hektar di bagian utara Gili Trawangan, serta dikelilingi oleh taman kelapa rimbun, laut, dan pantai. 

Jambuluwuk Oceano Gili Trawangan memiliki 95 kamar yang mengusung konsep rumah tradisional Desa Lombok, dilengkapi dengan teras menghadap ke pantai atau taman. 

Menawarkan konsep resort keluarga, Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan mempunyai area outdoor yang luas. Area outdoor tersebut dipenuhi dengan taman tertata rapi serta pohon pinus dan kelapa. 

Setiap tamu memiliki akses sepeda gratis untuk menjelajahi Gili Trawangan. Selain itu, Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan juga dilengkapi dengan kolam renang, air terjun buatan, spa, taman bermain anak, restoran, ruang pertemuan, dan sebagainya. 

https://travel.kompas.com/read/2022/07/31/110100827/7-fakta-kebakaran-jambuluwuk-oceano-resort-gili-trawangan-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke