Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tempat Nongkrong Sekitar Stasiun BNI City, Ada Lokasi Instagramable

KOMPAS.com - Stasiun BNI City mulai melayani penumpang kereta rel listrik (KRL) atau commuter line pada Sabtu (30/7/2022). Sebelumnya, Stasiun BNI City hanya melayani perjalanan KA Bandara.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (30/7/2022), stasiun yang berada di dekat Stasiun KRL Sudirman ini, akan melayani perjalanan KRL relasi Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan via Pasar Senen ataupun via Manggarai.

Berada di kawasan Jalan Sudirman, Stasiun BNI City dikelilingi dengan sejumlah tempat nongkrong yang seru. Jadi, setelah melalui perjalanan dengan KRL, kamu bisa nongkrong di sekitar Stasiun BNI City. 

Berikut tempat nongkrong sekitar Stasiun BNI City seperti dihimpun oleh Kompas.com. 

Tempat nongkrong dekat Stasiun BNI City

1. Terowongan Kendal

Terowongan Jalan Kendal atau terowongan Kendal merupakan sebuah terowongan yang menghubungkan Stasiun KRL Sudirman dengan Stasiun BNI City. Terowongan ini juga berada di dekat Stasiun MRT Dukuh Atas BNI dan Halte TransJakarta Tosari ICBC. 

Mengutip Kompas.com (26/01/2022), terowongan Kendal merupakan tempat foto Instagramable karena dindingnya dihiasi mural warna-warni.

Menariknya, mural tersebut dilukis langsung dari seniman asal Jerman, yaitu Snyder dan Darbotz pada 2019 lalu. 

Oleh sebab itu, mural tersebut disebut sebagai Mural Persahabatan karena sebagai bentuk perayaan 25 tahun hubungan DKI Jakarta dan Berlin sebagai sister city

Berada di lokasi strategi, terowongan Kendal selalu ramai dengan orang yang berlalu lalang atau sekadara berfoto. Lokasi ini semakin ramai saat muncul fenomena Citayam Fashion Week beberapa waktu lalu. 

2. Skyloft Restaurant 

Ada sejumlah tempat nongkrong seru di sekitar Stasiun BNI City. Salah satunya adalah Skyloft Restaurant. 

Jadi, apabila kamu ingin nongkrong bersama teman-teman tapi tidak jauh-jauh dari stasiun KRL, maka Skyloft Restaurant bisa menjadi alternatif. 

Skyloft Restaurant berada di lantai 14 Hotel All Seasons Thamrin, berdasarkan informasi dari Kompas.com (14/2/2021). Tepatnya di  Jalan Talang Betutu Nomor 2, Jakarta Pusat. 

Daya tarik Skyloft Restaurant adalah berada di rooftop sehingga menawarkan pemandangan kota Jakarta Pusat. Rooftop cafe ini memiliki ruang indoor dan outdoor. 

Dari lokasi Skyloft Restaurant, pengunjung bisa menikmati langit serta gedung pencakar langit di Jakarta Pusat. 


3. Kedai kopi 

Bagi penggemar kopi, ada sejumlah kedai kopi di sekitar Stasiun BNI City. Sebut saja, Janji Jiwa, Metro Coffee Bar, Kopinette, JCO, dan Starbucks.

Penumpang KRL yang turun di Stasiun BNI City bisa mampir ke kedai-kedai kopi tersebut. Kedai kopi tersebut juga bisa menjadi salah satu alternatif tempat nongkrong bersama teman-teman.  

4. Wisata kuliner 

Selain kedai kopi, kamu juga bisa menemukan aneka wisata kuliner sekitar Stasiun BNI City. Mengutip Kompas.com (10/7/2022), kamu bisa menemukan aneka kuliner pinggiran yang terkenal lezat dengan harga ramah di kantong. 

Misalnya, Dimsum Arsyif yang berlokasi di Jalan Blora. Kemudian, Bubur Ayam Sunda yang cocok untuk mengisi perut hanya dengan membayar sekitar Rp 15.000 per porsi. 

Sementara jika ingin makan dalam porsi besar, kamu bisa mengunjungi restoran Ikan Tude Manado yang populer dengan menu kuliner khas Manado. Beberapa menu yang tersedia seperti Cakalang Rabe, Goropa Woku, dan Kangkung Bunga Pepaya. 

Dari lokasi ini, kamu bisa melihat gedung-gedung pencakar langit di seberang Sungai Ciliwung antara lain Wisma BNI 46 dan Hotel Shangri-La Jakarta. 

6. Taman Dukuh Atas 

Taman Dukuh Atas merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di dekat Halte Transjakarta Dukuh Atas 1 dan 2. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (11/7/2019), Taman Dukuh Atas dilengkapi dengan sejumlah bangku taman, tangga, arena skateboard, dan arena sepeda. 

Selain itu, Taman Dukuh Atas juga dilengkapi dengan viewing desk atau lokasi untuk melihat panorama kota serta taman secara keseluruhan.

Pada sore hari khususnya akhir pekan, lokasi ini kerap dipadati warga untuk bermain skateboard, atau sekadar bersantai.

Namun, jangan khawatir karena kamu bisa naik Transjakarta atau ojek online dengan jarak hanya sekitar 2,8 kilometer dengan waktu tempuh 14 menit berkendara. 

Sejak Maret 2022 lalu, Gedung Sarinah memiliki wajah baru. Tak hanya menjadi pusat perbelanjaan, Sarinah kini menjadi tempat nongkrong baru bagi masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya. 

Mengutip Kompas.com (21/3/2022), ada beragam aktivitas yang dapat kamu lakukan di Sarinah. Mulai dari belanja produk UMKM, wisata kuliner, berburu foto Instagramable, atau sekadar nongkrong di ruang terbuka yang tersedia. 

Menariknya, pengunjung bisa melihat relief peninggalan era Presiden Soekarno yang berusia 50 tahun lebih.

Sebelumnya, relief tersebut tersembunyi di ruang mesin atau ruang AHU di belakang gerai makanan cepat saji. 

8. JPO Phinisi 

Saat berada di Stasiun BNI City, kamu juga bisa mengunjungi JPO Phinisi yang sempat viral beberapa waktu lalu. Dari Stasiun BNI City, kamu bisa naik Transjakarta kemudian turun di Halte Transjakarta Karet. 

Usai diresmikan pada Kamis (10/3/2022) lalu, jembatan penyebrangan orang (JPO) Tematik Phinisi Karet Sudirman ramai dikunjungi warga. 

Banyak warga ibu kota dan sekitarnya yang ingin berfoto di JPO yang menyerupai desain kapal pinisi tersebut. 

Mengutip Kompas.com, (12/3/2022), JPO ini juga berfungsi sebagai jembatan penyebrangan sepeda (JPS). JPO Phinisi mengusung konsep modern, dilengkapi dengan anjungan yang menyerupai kapal pinisi.

Desain jembatan penyeberangan ini cukup unik, karena memiliki dua jalur yakni jalur lurus dan melengkung.

Jalur lurus untuk pejalan kaki, sedangkan jalur melengkung disediakan bagi para pesepeda.

Sejumlah fasilitas JPO Phinisi antara lain lift, kamera CCTV, anjungan, sensor beban, dan lampu dekoratif dan artistik (RGB futuristik).

Ada pula sudut apresiasi yang berisi nama-nama para tenaga medis yang gugur saat berjuang membantu Indonesia melawan Covid-19.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/31/171600727/8-tempat-nongkrong-sekitar-stasiun-bni-city-ada-lokasi-instagramable

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke