Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Aksi Boikot, Wisata ke Labuan Bajo Dipastikan Tetap Aman

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat memastikan wisata ke Labuan Bajo tetap aman dan nyaman. Hal ini disampaikan menyusul adanya rencana aksi boikot layanan wisata yang dilakukan sejumlah para pelaku wisata di Labuan Bajo, selama 1-31 Agustus 2022.

Aksi boikot dilakukan sebagai respons kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi memastikan Labuan Bajo aman untuk dikunjungi. Ia juga menjamin keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang datang ke destinasi itu.

“Manggarai Barat ramah, aman, dan nyaman untuk dikunjungi dan kami menjamin keamanan seluruh wisatawan, masyarakat yang berada di Labuan Bajo dan yang akan berkunjung ke Labuan Bajo, menginap di hotel, maupun yang berlayar di obyek wisata. Termasuk menjamin keamanan di lokasi objek wisata," ujar Edi dalam jumpa pers di kediamannya, Sabtu (30/07/2022).

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menghormati dan menjamin kebebasan berpendapat di muka umum yang disampaikan oleh masyarakat.

Meski demikian, pemkab bakal mengambil tindakan tegas jika ada tindakan dalam aksi boikot yang bertentangan dengan peraturan, sehingga mengganggu kenyamanan wisatawan yang akan berkunjung ke Labuan Bajo.

“Kami akan melakukan tindakan tegas apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan melanggar hukum baik rencana anarkis, boikot untuk kepentingan umum, apalagi melakukan tindakan hukum yang nyata,” tuturnya.

Ia juga memastikan pihak kepolisian akan memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat di kawasan Labuan Bajo dan sekitarnya.

  • Biaya Masuk Pulau Komodo Naik, Pulau Rinca Bisa Jadi Alternatif
  • Tarif Masuk TN Komodo Mahal, Lihat Komodo Bisa di Dampek dan Pota

“Keselamatan Rakyat adalah hukum tertinggi, Tidak ada yang coba-coba untuk mengintimidasi maupun mengintervensi Kamtibmas di Manggarai Barat," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompascom, Minggu (31/07/2022).

"Untuk itu, Tidak ada toleransi bagi para pelaku gangguan kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Mabar, “Tegas AKBP Felli.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/31/180838627/ada-aksi-boikot-wisata-ke-labuan-bajo-dipastikan-tetap-aman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke