Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kunjungan Wisata ke Bantul Naik Selama Libur 1 Suro

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta saat akhir pekan dan bertepatan libur 1 Muharram atau 1 Suro meningkat signifikan. Terutama, jika dibandingkan dengan akhir pekan sebelumnya.

"Untuk akhir pekan bertepatan dengan malam 1 suro mengalami lonjakan cukup signifkan dibandingkan pekan lalu," kata Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Markus Purnomo Adi kepada wartawan saat dihubungi, Senin (01/08/2022).

Ia menambahkan, total kunjungan wisata akhir pekan selama 29-31 Juli mencapai 41.506 orang. Sementara, pada akhir pekan sebelumnya atau 15-17 Juli 2022 hanya 25.186 orang.

Pantai Parangtritis, salah satu destinasi wisata populer warga Bantul dan luar kota juga dipadati pengunjung pada akhir pekan kemarin.

"Untuk akhir pekan ini kunjungan ke Pantai Parangtritis meningkat 75 persen dibandingkan pekan sebelumnya," kata Ipung, panggilan akrab Markus.

Salah satu faktor yang membuat tempat-tempat wisata dipadati pengunjung adalah karena adanya tradisi malam 1 Suro di berbagai lokasi.

"Menjadi tradisi setiap malam 1 Suro banyak kegiatan ritual yang dilaksanakan di Pantai Parangkusumo," kata dia.

Selain berwisata, biasanya pengunjung ikut ritual malam 1 Suro.

"Tahun ini peringatan malam 1 Suro jauh lebih ramai dari tahun sebelumnya karena dampak Covid-19 yang belum mereda," kata Akhir.

Namun, selain karena malam 1 Suro, Ipung mengatakan peningkatan kunjungan juga karena adanya perhelatan budaya di Pantai Goa Cemara dan Pantai Kuwaru.

"Pantai barat di Bantul yang biasanya landai saat libur akhir pekan namun saat libur akhir pekan bersamaan dengan libur 1 Muharram pengunjungnya meningkat cukup banyak," kata dia.

Total jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bantul selama satu pekan terhitung 25-31 Juli 2022 mencapai 52.864 orang dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp 513 juta.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/01/110024527/kunjungan-wisata-ke-bantul-naik-selama-libur-1-suro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke