Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisatawan di Kota Malang Bisa Antisipasi Kemacetan dengan Aplikasi Ini

MALANG, KOMPAS.com - Polresta Malang Kota, Jawa Timur, meluncurkan aplikasi Jogo Malang Presisi pada Selasa (2/8/2022) di Mapolresta Malang Kota.

Lewat aplikasi itu, wisatawan bisa memantau 180 rekaman langsung kamera CCTV yang telah tersambung, milik Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Malang.

Perlu diketahui, meski Kota Malang tidak memiliki banyak tempat wisata, tetapi kerap kali menjadi daerah yang dilewati wisatawan.

Setiap akhir pekan, tidak jarang di beberapa wilayah terdapat titik-titik kepadatan arus lalu lintas, antara lain di Jalan Raya Tlogomas, Jalan Soekarno Hatta, dan Jalan Ahmad Yani.

Kepadatan yang ada berpotensi menimbulkan kemacetan. Apalagi, Kota Malang biasanya menjadi daerah penopang wisatawan dari luar daerah untuk menuju ke Kabupaten Malang dan Kota Batu.

  • 32 Tempat Wisata Malang Raya, Banyak Tempat Bernuansa Alam
  • Itinerary 2 Hari 1 Malam Jelajahi Wisata Malang Raya Terbaru

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, mengatakan, kini masyarakat dapat memantau arus lalu lintas secara langsung yang ada di Kota Malang dengan aplikasi Joglo Malang Presisi.

"Ada 180 titik CCTV yang tersambung dengan Diskominfo, hal ini bisa bermanfaat bagi masyarakat atau pengendara untuk menghindari jalan-jalan yang terjadi kepadatan," kata Budi Hermanto atau Buher, sapaan akrabnya, saat diwawancarai di Mapolresta Malang Kota, Selasa.

Selain itu, pihaknya juga tengah bekerja sama dengan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Kota Malang, sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi seputar pariwisata di Kota Malang lewat aplikasi itu.

Aplikasi Jogo Malang Presisi dapat diunduh oleh pengguna ponsel Android di Playstore.

Pihaknya juga sudah melakukan kemitraan antarlintas sektor, terutama dengan 15 instansi di Pemerintah Kota Malang dan sembilan rumah sakit.

"Jadi tidak ada lagi pihak-pihak yang bekerja sendiri-sendiri. Misal ada pohon tumbang, nanti kita koordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup, gangguan listrik (dikoordinasikan) dengan PLN, dan lainnya," ujarnya.

  • 10 Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Kota Malang
  • Semboyan Kota Malang Jawa Timur beserta Makna dan Asal Usulnya

Terkait penggunaan aplikasi Jogo Malang Presisi, saat ini hampir setiap harinya ada 10 hingga 15 laporan yang masuk. Dia juga berharap aplikasi tersebut dapat membantu mewujudkan Kota Malang menuju Smart City.

"Dengan demikian, kehadiran Polresta Malang Kota semoga bisa membantu persoalan yang ada di Kota Malang, dengan kolaborasi secara bersama-sama, pada saat menemukan suatu permasalahan dapat ditangani secara bersama-sama," pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/02/161600927/wisatawan-di-kota-malang-bisa-antisipasi-kemacetan-dengan-aplikasi-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke