Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

17 Agustus 2022 HUT Keberapa RI? Simak Sejarahnya 

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2022. 

Sebagian masyarakat mungkin bertanya, 17 Agustus 2022 HUT keberapa RI? Berikut ulasan sejarahnya seperti dihimpun Kompas.com, termasuk tema peringatan HUT RI tahun ini. 

17 Agustus 2022 HUT Keberapa RI? 

Proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadi pada 17 Agustus 1945 silam. Dengan demikian, 17 Agustus 2022 merupakan peringatan HUT ke-77 RI. 

Dikutip dari Kompas.com (10/8/2021), kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 ditandai dengan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI oleh Soekarno. Tepatnya, pada pukul 10.00 WIB bertempat di halaman rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta Pusat. 

Awalnya, pembacaan teks proklamasi kemerdekaan akan dilangsungkan di Lapangan Ikada, Jakarta Pusat. Akan tetapi, pasukan Jepang terus berpatroli di sekitar Lapangan Ikada, sehingga menimbulkan kekhawatiran terjadi bentrokan.

Akhirnya, para tokoh sepakat tempat pembacaan teks proklamasi kemerdekaan berlangsung di rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta Pusat. 

Saat ini, jalan tersebut telah berganti nama menjadi Jalan Proklamasi. Selain itu, rumah bersejarah tersebut sudah roboh. 

Namun, guna memperingati peristiwa bersejarah tersebut, didirikan Tugu Proklamasi pada lokasi pembacaan teks proklamasi kemerdekaan. Kawasan Tugu Proklamasi terdiri dari tiga monumen bersejarah, yakni Tugu Petir, Patung Soekarno-Hatta, dan Tugu Wanita.

Tema HUT Ke-77 RI 

Setiap tahun, pemerintah mengusung tema peringatan HUT RI. Dikutip dari laman resmi Kementerian Sekretariat Negara, tahun ini tema besar peringatan HUT ke-77 RI adalah "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Latar belakang pemilihan tema tersebut adalah Indonesia telah menghadapi tantangan dan ujian selama lebih dari dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Akibatnya, kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi sangat dirasakan oleh rakyat Indonesia di penjuru Tanah Air.

Namun, di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan.

“Kita melihat bagaimana kinerja dari pemerintah dan gerakan dari masyarakat bersinergi bersama untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global,” tulis Kementerian Sekretariat Negara dalam dokumen Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, dikutip Kompas.com, Selasa (2/8/2022). 

Oleh sebab itu, peringatan HUT ke-77 RI pada tahun ini merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan yang ada. 

“Dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju,” tulis Kementerian Sekretariat Negara. 

https://travel.kompas.com/read/2022/08/02/164200027/17-agustus-2022-hut-keberapa-ri-simak-sejarahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke