Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Wisata ke Pantai Tanjung Pasir di Tangerang, Jaga Kebersihan

KOMPAS.com - Bila mencari pantai terdekat dari Jakarta atau lokasi wisata pantai di Tangerang, maka Pantai Tanjung Pasir bisa jadi pilihan.

Pantai Tanjung Pasir berlokasi di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten. Jika dari Monumen Nasional atau Monas di Jakarta Pusat, maka jaraknya 33 - 34 kilometer (km) dengan durasi berkendara sekitar 1 jam 35 menit. 

Pantai berpasir kelabu yang buka 24 jam ini juga menjadi gerbang menuju Pulau Untung Jawa. 

  • 6 Pantai di Tangerang yang Dekat Kota Tangerang dan Jakarta
  • 10 Wisata Menarik Tangerang, Pas untuk Liburan Akhir Pekan

Ombak di pantai ini cukup tenang, sehingga wisatawan bisa berenang atau bermain air. Selain itu, wisatawan juga bisa berjemur, menikmati suasana pantai, bermain pasir, wisata kuliner, menerbangkan layang-layang, memancing, dan berfoto di sejumlah spot Instagramable.

Wisatawan yang ingin mengunjung pantai ini bisa mengikuti sejumlah tips berikut:

Berdasarkan pengamatan Kompas.com pada Minggu (31/7/2022) pagi, terlihat sampah berserakan di sejumlah titik di Pantai Tanjung Pasir. Jenisnya pun bervariasi, salah satunya kantung plastik.

Meski tidak lama kemudian ada petugas kebersihan yang mengangkut sampah-sampah, namun bukan berarti pengunjung bebas membuang sampah di bibir pantai. Apalagi tempat wisata ini juga cukup luas.

Oleh sebab itu, pengunjung dianjurkan membawa kantung sendiri sebagai tempat sampah, lalu membuangnya di tempat yang tersedia. 

2. Bawa peralatan mandi sendiri

Wisatawan yang telah puas berenang dan bermain air, bisa mengunjungi beberapa toilet sekaligus tempat bilas yang ada. 

Bila berniat membersihkan diri, wisatawan dianjurkan membawa peralatan mandi sendiri, antara lain sabun dan sampo, atau membelinya di warung yang ada di pinggir pantai.

Tidak hanya itu, bilik toilet yang dikunjungi Kompas.com waktu itu juga tidak dilengkapi keran air, sehingga harus menyewa ember yang kemudian akan diisi air oleh petugas toilet. 

Adapun ember yang tersedia memiliki ukuran yang beragam, dari kecil hingga besar. Harganya berkisar dari Rp 2.000 hingga Rp 10.000. 

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Tanjung Pasir juga disarankan untuk menyiapkan uang tunai, guna berjaga-jaga jika petugas di tempat wisata ini tidak memiliki alat untuk pembayaran non-tunai (cashless).

Sebagai informasi, harga tiket masuk ke Pantai Tanjung Pasir untuk pengendara sepeda motor mulai dari Rp 25.000, sudah termasuk kendaraan dan penumpang.

Sementara tarif masuk mobil mulai dari Rp 20.000, dan penumpang di dalamnya dikenakan tarif mulai dari Rp 10.000 per orang.

Bila ingin menyewa dipan di pinggir pantai biayanya mulai Rp 25.000, sedangkan biaya penyewaan tikar mulai dari Rp 25.000. 

Wisatawan yang ingin berfoto di sejumlah spot Instagramable juga perlu memperhatikan apakah spot tersebut memberlakukan tarif masuk. 

Salah satu spot yang berupa jembatan menganjur ke laut, tarifnya Rp 5.000 per dua orang.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah saat pagi atau sore hari. 

Pada pagi hari, misalnya pukul 06.30 WIB, suasana belum terlalu ramai dan udara masih cukup segar. 

Menjelang siang hari, panas akan terasa semakin terik. Wisatawan pun bisa berteduh di tenda atau dipan yang dilindungi oleh pepohonan. 

Pantai Tanjung Pasir memiliki lahan parkir yang sangat luas. Ada yang dekat dengan toilet dan tempat bilas, ada juga yang jauh.

Adapun jarak antara toilet satu dengan lainnya cukup jauh jika berjalan kaki. Khususnya toilet yang berada di sisi yang sama dengan aneka kios makanan dan warung, sekaligus berseberangan dengan tempat penyewaan tikar dan dipan.

Oleh sebab itu, wisatawan bisa memarkirkan kendaraannya di titik-titik yang dekat dengan toilet dan tempat bilas, sehingga lebih memudahkan mobilitas. 

https://travel.kompas.com/read/2022/08/02/183500827/5-tips-wisata-ke-pantai-tanjung-pasir-di-tangerang-jaga-kebersihan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke