Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Finlandia Bakal Uji Coba Paspor Digital Pakai Aplikasi

KOMPAS.com - Finlandia bisa menjadi negara pertama yang menerapkan paspor digital.

Sebab, dalam waktu dekat, negara berjuluk Negeri Seribu Danau itu berencana melakukan tes aplikasi ponsel yang berisi salinan dokumen perjalanan.

Dengan teknologi ini, pelaku perjalnaan bisa mengirimkan informasi mereka ke petugas perbatasan sebelum pergi ke luar negeri, tanpa harus menyerahkan dokumen perjalanan fisik.

Menurut surat kabar lokal, Helsingin Sanomat, Komisi Eropa menanyakan kepada Finlandia akhir tahun lalu apakah negara tersebut mau berpartisipasi dalam proyek percontohan.

Informasi yang didapatkan selama uji coba akan bermanfaat untuk pengambilan keputusan terkait aturan melewati perbatasan menggunakan aplikasi ponsel saja, terutama di seluruh negara Uni Eropa.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan pendanaan aplikasi. Aplikasi harus diserahkan pada akhir Agustus. Setelah itu akan diputuskan apakah proyek akan direalisasikan atau tidak," ujar seorang inspektur Penjaga Perbatasan Finlandia, Mikko Vaisanen kepada surat kabar tersebut, seperti dikutip dari Euro News, Kamis (04/08/2022).

Meski belum pasti apakah tes paspor digital akan dilakukan atau tidak, namun rencananya paspor digital akan diuji untuk perjalanan udara dari Finlandia menuju Kroasia, paling cepat pada musim semi 2023.

Adapun periode musim semi di Eropa berlangsung sekitar bulan Maret hingga Mei.

Dalam periode uji coba, beberapa penumpang yang menjadi sukarelawan akan diminta mengunduh aplikasi melalui ponsel mereka, kemudian mengirimkan dokumen ke petugas perbatasan sebelum bepergian.

Meski secara privasi, rasanya cara ini tidak tepat, namun Vaisanen menegaskan bahwa informasi dari pemegang paspor akan dihapus setelah verifikasi.

"Informasi akan diperiksa lebih lanjut (oleh petugas perbatasan) dan dihapus setelah perjalanan," ujar Vaisanen.

"Dalam jangka panjang, targetnya adalah penumpang tidak perlu membawa paspor fisik ketika bepergian. Namun, realisasinya bakal butuh waktu lama. Pilot project hanyalah langkah awal dari semua ini," ungkapnya, seperti dikutip dari Schengen Visa Info.

Jadi, saat ini Finlandia tengah menunggu lampu hijau dari Komisi Eropa. Jika disetujui untuk pendanaai proyek ini, maka Finlandia akan memulai eksperimennya sekitar akhir tahun 2022.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/04/154909327/finlandia-bakal-uji-coba-paspor-digital-pakai-aplikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke