Salin Artikel

Flores Siap Sambut Turis Jelang Festival Paduan Suara Internasional

KUPANG, KOMPAS.com - International Choir Festival atau Festival Paduan Suara Internasional rencananya akan digelar di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebanyak 28 negara akan hadir dalam perhelatan paduan suara ini, yang dikemas dengan nuansa pariwisata Pulau Flores.

"Ada 1.500 peserta dari 28 negara yang terkonfirmasi sudah pasti hadir dalam acara International Choir Festival, yang digelar Bulan Juli 2023," ujar Ketua Komunitas Peduli Pariwisata Flores (KOMPASS) Lusia Adinda Lebu Raya, usai beraudiensi dengan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Kamis (4/8/2022).

Kegiatan ini, lanjut Lusia, secara rutin digelar setiap tahun di sejumlah kota-kota besar di Indonesia dan negara lainnya.

"Para peserta itu akan dibagi mulai anak-anak usia 13 tahun, remaja, hingga tingkat dewasa. Kegiatannya selama empat hari, tapi nanti mereka 10 hari akan berada di Kabupaten Sikka," kata Lusia.

Ia menambahkan bahwa kegiatan paduan suara memberlakukan sistem gugur, sehingga peserta yang gugur itu punya kesempatan untuk bisa menikmati sejumlah tempat wisata di Kabupaten Sikka.

"Kita sudah siapkan sejumlah spot-spot wisata menarik, mulai dari Kabupaten Flores Timur hingga Labuan Bajo, Manggarai Barat," ujar Lusia.

Lusia mengatakan, untuk mendukung pariwisata, tidak hanya terhenti di pemikiran bahwa NTT khususnya Pulau Flores itu hanya di Pulau Komodo, tetapi juga ada beberapa daerah lainnya, seperti di Sikka, Ende, dan Flores Timur.

Sehingga, pihaknya menggelar kegiatan tersebut di Kabupaten Sikka, agar obyek wisata lainnya di Pulau Flores bisa dikenal secara luas secara internasional.

Untuk mendukung tempat penginapan yang layak, pihaknya telah melakukan survei ke sejumlah tempat, mulai dari hotel hingga rumah penduduk yang akan dijadikan homestay.

"Kita harapkan kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan tadi kita sudah ketemu dengan Bapak Gubernur, beliau siap mendukung penuh kegiatan ini," ujar dia.

Wakil Ketua Panitia International Choir Festival Tessa Nurak mengatakan, untuk menggelar kegiatan itu, pihaknya bekerja sama dengan Bandung Choral Society, sebuah organisasi yang bergerak mengembangkan komunitas paduan suara Indonesia.

Dalam kegiatan itu, lanjut Tessa, akan ada frendship concert, yakni semua anggota paduan suara dari beberapa negara itu akan menyanyikan lagu "Gemu Famire", yang berasal dari Maumere, Kabupaten Sikka.

"Tentunya lagi ini akan menarik ketika dinyanyikan para wisatawan dengan versi mereka," ujar Tessa.

Dengan kegiatan ini, tambahnya, perekonomian bisa bangkit kembali tumbuh pascapandemi Covid-19, dan sejumlah destinasi wisata bisa ramai kembali dikunjungi wisatawan.

Selain itu, kata dia, pariwisata di Pulau Flores tidak hanya terpusat di Labuan Bajo, tapi juga di wilayah lainnya.

Pihaknya juga akan melibatkan semua unsur, mulai dari pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), transportasi, perhotelan, dan pekerja seni.

"Flores ini tidak hanya Labuan Bajo tapi ada Maumere, Ende, dan lainnya sehingga kue pariwisata ini harus dibagi secara adil dan berimbang," kata dia.

Tessa berharap, kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan terus digelar secara rutin setiap tahun.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/05/063400527/flores-siap-sambut-turis-jelang-festival-paduan-suara-internasional

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.