Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Situ Rawa Kalong Depok Direvitalisasi, Kini Punya Panggung Apung

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong di Kecamatan Cimanggis, Depok yang baru direvitalisasi, Jumat (5/8/2022).

Dikutip dari Kompas.com, Jumat, revitalisasi Situ Rawa Kalong dilakukan agar destinasi tersebut lebih mudah dijangkau dan nyaman untuk dikunjungi.

"Jadi di sini itu yang penting, dulunya susah diakses, sekarang mudah diakses," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, kepada wartawan di lokasi, Jumat.

Salah satu fasilitas baru dari Situ Rawa Kalong setelah revitalisasi antara lain inovasi panggung apung yang Instagramable dan ia klaim belum ada di tempat lain di Indonesia.

Sementara itu, dikutip dari situs Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Emil mempersilakan para anak muda yang kerap menggelar pekan mode atau fashion week untuk memanfaatkan Situ Rawa Kalong yang telah direvitalisasi itu. Terutama, pada panggung apungnya.

"Kalau Citayam Fashion Week mau pindah ke sana, dipersilahkan. Kapan lagi jalan-jalan di atas air," ucapnya, seperti dikutip dari situs Pemprov Jabar.

Bahkan pemuda yang menjadi salah satu ikon Citayam Fashion Week, Bonge, turut hadir dalam peresmian Situ Rawa Kalong.

Dikutip dari Kompas.com, Bonge dan Emil juga sempat melenggang di atas panggung apung bak berada di atas runway.

Dalam kesempatan tersebut, Emil turut berpesan agar warga Depok dan pengunjung senantiasa menjaga kebersihan Situ Rawa Kalong.

Jika perlu, kata dia, nantinya akan ditambahkan fasilitas lain agar destinasi tersebut menjadi sarana publik yang lebih lengkap, nyaman, aman, dan menyenangkan.

"Jadi kalau kurang bangku, taman, CCTV, nanti ditambahin ya, enggak ada masalah sampai akhirnya lengkap jadi sarana publik yang aman, nyaman, dan menyenangkan," ungkap Emil, seperti dikutip Kompas.com.

Di pinggir situ juga terdapat dinding-dinding yang telah dipercantik dengan mural berbagai warna.


Lokasi Situ Rawa Kalong

Situ Rawa Kalong terletak di Jalan Rawa Kalong, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Situ tersebut berlokasi sekitar 9 kilometer dari Kantor Wali Kota Depok di Jalan Margonda Raya. Dikutip dari Kompas.com, (21/10/2018), luasnya sekitar 8,25 hektar.

Untuk mencapainya dari kantor Wali Kota Depok, terus lurus di Jalan Margonda Raya sekitar 3 kilometer kemudian belok kanan ke Jalan Ir H Juanda. Lurus terus ke arah Gerbang Tol Cisalak 2, kemudian belok kanan ke Jalan Raya Bogor.

Setelah sekitar 2 kilometer, belok kiri ke Jalan Nangka dan belok kiri ke Jalan Rajabrana. Situ Rawa Kalong ada di kiri jalan.

Meskipun sebelumnya dikeluhkan bau amis, kotor, dan airnya berwarna hijau, beberapa warga yang sudah mengunjunginya usai revitalisasi mengatakan Situ Rawa Kalong sudah lebih nyaman dan rapi.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/05/192728127/situ-rawa-kalong-depok-direvitalisasi-kini-punya-panggung-apung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke