Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Mana Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2: Communion? 

KOMPAS.com - Film Pengabdi Setan 2: Communion tengah mencuri perhatian para penggemar film Tanah Air. 

Belum genap dua hari diputar di bioskop, film bergenre horor tersebut sudah menyentuh angka satu juta penonton, berdasarkan informasi dari Kompas.com (5/8/2022). 

Diketahui, film Pengabdi Setan 2: Communion besutan sutradara Joko Anwar tayang serentak di bioskop Indonesia pada Kamis (4/8/2022).

Joko Anwar memilih sebuah rumah susun (rusun) tua yang terbengkalai sebagai latar tempat untuk film Pengabdi Setan 2: Communion. 

Usai film tersebut tayang, banyak warga yang penasaran kemudian mengunjungi langsung rusun tersebut. Lantas, di mana rusun Pengabdi Setan 2: Communion? 

Di mana rusun lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion? 

Ternyata, rusun lokasi syuting film Pengabdi Setan 2: Communion tersebut adalah rumah susun sederhana milik (rusunami) pada program 1.000 Tower di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Mengutip Kompas.com, (4/8/2022), lokasi rusun berada di belakang Pasar Sumber Arta, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Jawa Barat. 

Koordinator Pasar Sumber Arta, Slamet mengatakan, rusun tersebut mulai dibangun pada 2007. Namun, pembangunan berhenti sehingga terbengkalai. 

Rusun tersebut terdiri dari 15 lantai. Meskipun terbengkalai, namun terdapat sejumlah penghuni di lantai dua yang merupakan para perajin dan pedagang pasar. 

Sementara, sisa lantai hingga ke lantai 15 tidak terisi. Tembok dan lantai rusun hanya dipoles dengan aci. Pada siang hari, pencahayaan rusun hanya mengandalkan sinar matahari yang masuk ke sela-sela jendela serta ventilasi kamar.

Namun untuk kamar yang terisi, tetap menggunakan listrik. 

Terdapat sejumlah akses menuju lokasi rusun, antara lain melalui Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). 

Pengunjung juga bisa menggunakan layanan KRL atau commuter line, turun di Stasiun KRL Klender Baru. Dari stasiun menuju ke lokasi berjarak sekitar 5,3 kilometer dengan waktu tempuh 15 menit. 

Selain itu, rusun ini juga dekat dengan Terminal Bayangan Jatibening, Bekasi. 

Tempat menarik sekitar rusun lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion

Terdapat sejumlah tempat menarik di sekitar rusun lokasi film Pengabdi Setan 2: Communion. Ada wisata kuliner, pusat perbelanjaan alias mal, hingga tempat publik. 

Berikut sejumlah tempat menarik sekitar rusun lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion, seperti dihimpun oleh Kompas.com. 

1. Grand Galaxy Park

Grand Galaxy Park adalah salah satu pusat perbelanjaan di Bekasi. Jaraknya dari kawasan Pasar Sumber Arta berjarak sekitar 5,7 kilometer, dengan waktu tempuh 15 menit. 

2. Grand Galaxy City

Grand Galaxy City merupakan sebuah kawasan atau kluster hunian yang berada di Bekasi. Kawasan ini menyediakan wisata kuliner mulai dari UMKM hingga merek-merek kuliner ternama.  

Lokasinya tidak jauh dari Grand Galaxy Park. 

3. Pura Agung Tirta Bhuana

Pura Agung Tirta Bhuana merupakan tempat ibadah umat Hindu yang masih digunakan hingga saat ini. Selain tempat ibadah, pura ini juga dibuka untuk wisata religi. 

Lokasinya berada di Jalan Jatiluhur Raya Nomor 1, RT.008/RW.009, Jakasampurna, Kec. Bekasi Barat, Kota Bekasi. Jaraknya dari kawasan Pasar Sumber Arta sekitar 2,7 kilometer, dengan waktu tempuh enam menit. 

4. Banjir Kanal Timur (BKT) 

BKT merupakan tempat umum di Harapan Indah, Bekasi. Jaraknya dari kawasan Pasar Sumber Arta sekitar 14,7 kilometer, dengan waktu tempuh 24 menit.

Sekitar BKT terdapat sejumlah fasilitas publik antara lain jogging track, area bermain sepeda, tempat nongkrong. Selain itu, terdapat sejumlah pedagang di sebelah BKT yang menawarkan aneka kuliner. 

5. Kawasan Pondok Kelapa Town Square 

Kawasan sekitar Pondok Kelapa Town Square juga merupakan wisata kuliner bagi masyarakat Bekasi. Pengunjung bisa menikmati aneka makanan dan minuman yang dijual sepanjang area tersebut.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/06/132800827/di-mana-rusun-lokasi-syuting-pengabdi-setan-2-communion

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke