Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

HUT Ke-77 RI, Upacara 17 Agustus Akan Digelar di Puncak Gunung Talang

KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Solok akan mengadakan upacara 17 Agustus di puncak Gunung Talang, Sumatera Barat, pada Rabu (17/8/2022).

"Dalam rangka (peringatan) 17 (Agustus), berbeda dengan tahun sebelumnya, Bupati Solok Bapak H. Epyardi Asda memang mau ada hal yang unik yang kita lakukan, yang mungkin jarang kali ya kepala daerah yang melaksanakan, upacara skala kabupaten di Gunung Talang. Biasanya kita (upacara) di lapangan, sekarang di gunung," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Solok, Teta Midra, kepada Kompas.com, Senin (8/8/2022).

  • 20 Ide Lomba 17 Agustus yang Unik dan Meriah 
  • Menyusuri Jejak-Jejak Letusan Vulkanik Gunung Talang

Selain menjadi satu-satunya gunung di Kabupaten Solok, lanjutnya, Gunung Talang yang setinggi 2.957 meter di atas permukaan laut (mdpl) dipilih karena menjadi salah satu gunung favorit di Sumatera Barat untuk didaki.

Teta menjelaskan bahwa terdapat lima jalur pendakian ke gunung yang masih aktif ini. Pihaknya akan memilih jalur pendek dengan estimasi durasi pendakian dari Pos I ke puncak 1,5 hingga dua jam.

Lantaran akan berperan sebagai inspektur upacara, Epyardi dijadwalkan akan mulai mendaki pukul 04.00 WIB karena upacara akan diadakan sekitar pukul 10.00 WIB.

"Untuk pendaki yang lain tentu ada yang sudah bermalam, sudah menginap di sana, terutama yang pencinta alam," katanya.

Sejauh ini, upacara tersebut akan melibatkan sekitar 10.000 peserta. Teta menguraikan, 70 persen dari jumlah itu terdiri dari masyarakat umum, para pencinta alam, dan komunitas-komunitas tertentu. 

Sementara itu, sekitar 25 persen meliputi anggota pemerintah daerah, termasuk kepala daerah, ASN (Aparatur Sipil Negara), dan TNI/POLRI.

Ia menambahkan bahwa upacara ini terbuka untuk masyarakat umum. 

"Nanti setiap pendaki juga wajib membawa bendera kecil untuk bersama dikibarkan, dan pulangnya wajib membawa sampah masing-masing," tuturnya.

Upacara 17 Agustus di puncak Gunung Talang diharapkan bisa mengembangkan pariwisata di Kabupaten Solok.

"Harapan dari Pemerintah Kabupaten, dengan terselenggaranya acara ini, selain menumbuhkan semangat nasionalisme, juga menggiatkan pariwisata Kabupaten Solok," kata Teta.

Ia menjelaskan bahwa pariwisata di kabupaten tersebut belum terolah dengan baik, sehingga pihaknya juga ingin mempromosikan wisata alam, khususnya wisata minat khusus untuk mendaki gunung.

  • Solok Selatan, Alternatif Destinasi Wisata di Sumatera Barat
  • Solok Selatan Kembangkan Wisata Rumah Gadang Panjang

Selain upacara tersebut, akan ada beragam acara di Kabupaten Solok untuk memperingati HUT Ke-77 RI.

Salah satunya adalah pawai skala kabupaten pada hari Sabtu (20/8/2022), atau beberapa hari usai upacara tersebut. 

Adapun pada malam sebelum upacara, tepatnya pada Selasa (16/8/2022), akan ada Malam Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/09/142107927/hut-ke-77-ri-upacara-17-agustus-akan-digelar-di-puncak-gunung-talang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke