Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Upacara HUT ke-77 RI Akan Digelar di Tengah Laut Pantai Baron Yogyakarta

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Jogja, akan melaksanakan upacara detik-detik proklamasi HUT ke-77 Republik Indonesia di tengah laut Pantai Baron.

Pada upacara itu, masyarakat umum diperbolehkan ikut. Namun, mereka harus membawa perlengkapan sendiri.

"Upacara akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB. Setelah 2 tahun absen, kita kembali melaksanakan upacara di tengah laut," kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono kepada Kompas.com melalui telepon, Rabu (10/8/2022).

Ia melanjutkan, upacara akan dilakukan dengan mengibarkan bendera di tengah laut pantai Baron.

Nantinya setelah upacara, di sekitar pantai akan ada satu orang pembawa bendera didampingi dua orang pengibar akan berenang ke tengah laut.

Adapun peserta upacara akan diikuti oleh seluruh SAR Satlinmas DIY, dan masing- masing wilayah akan mengirimkan 20 orang perwakilan.

"Nantinya, yang berenang 3 orang pasukan pengibar, 17 orang di belakangnya, dan 45 orang akan menyusul," kata Marjono.

Syarat ikut upacara 17 Agustus di laut Pantai Baron

Merjono mengatakan, wisatawan boleh ikut upacara di laut. Namun, mereka harus membawa pelampung sendiri, kondisi sehat, dan yang paling utama bisa berenang.

Untuk keamanan, pihaknya menyiapkan empat perahu dan jetski SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul. Selain itu 40 an perahu nelayan akan menjaga peserta di sekitar lokasi upacara.

"Nantinya 40 an perahu nelayan akan berjaga di selatan lokasi. Untuk gelombang jika dilihat dari grafik aman," kata Marjono.

Sementara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul M Arif Aldian mengatakan pihaknya mengapresiasi upacara di tengah laut kawasan pantai Baron.

"Kita tidak ada agenda. Namun untuk upacara di tengah laut pantai Baron, kita dukung, sebagai salah satu upaya menarik kunjungan dan pemulihan ekonomi saat pandemi," kata Arif.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/10/170500627/upacara-hut-ke-77-ri-akan-digelar-di-tengah-laut-pantai-baron-yogyakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke