Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pulau Paskah Buka Lagi Kunjungan Wisata Setelah Tutup 2 Tahun

KOMPAS.com - Rapa Nui atau lebih dikenal sebagai Pulau Paskah di Chile, telah kembali menerima kunjungan wisatawan sejak awal Agustus 2022, setelah ditutup selama 868 hari atau sekitar lebih dari dua tahun.

Pada hari Kamis (4/6/2022), lebih dari 230 orang menjadi grup wisatawan pertama yang tiba di pulau tersebut.

  • 10 Fakta Pulau Paskah yang Penuh Misteri
  • Salah Satu Misteri “Moai” di Pulau Paskah Akhirnya Terpecahkan

Dilansir dari traveldailymedia.com, Kamis (11/8/2022), pembukaan ini terjadi berkat kesepakatan antara pemerintah dengan komunitas dan otoritas di pulau tersebut, guna memastikan pembukaan kembali yang aman. 

"Kami sangat senang bahwa pulau ini telah memulai tahap baru dari pembukaan kembali. Sebagian besar layanan sudah siap untuk menyambut wisatawan, mengelola protokol kebersihan yang tepat, dan dengan harapan menggiatkan kembali bisnis mereka," kata Undersecretary of Tourism Chile, Verónica Kunze.

Beberapa di antaranya adalah melengkapi Single Entry Form (FUI), menunjukkan hasil negatif tes PCR yang dilakukan dalam kurun waktu 24 jam sebelum keberangkatan, menunjukkan hasil negatif tes antigen untuk anak usia di bawah enam tahun, dan menjalani tes antigen setibanya di pulau bagi wisatawan dengan penerbangan langsung. 

Selain itu, dikutip dari laman chile.travel, setiap wisatawan juga wajib mengaktifkan Mobility Pass yang mengharuskan mereka untuk bervaksin lengkap dengan jenis vaksin yang disetujui pemerintah Chile.

Ketika mengunjungi Pulau Paskah, wisatawan wajib menghormati tradisi leluhur di pulau tersebut, sekaligus menjaga flora, fauna, dan ekosistem yang ada.

Beberapa atraksi wisata di Taman Nasional Rapa Nui yang dibuka secara bertahap sejak Kamis adalah Orono, Te Pito Kura, Vinapu, Puna Pau, Vaihu, Ahu Akivi, Akahana, Ana Te Pahu, Rano Raraku, Vai A Mei, Tonariki, Tahai, dan Hana Rau.

Pulau Paskah berada di sisi tenggara Samudra Pasifik. Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (15/4/2022), salah satu daya tarik pulau ini adalah ratusan patung raksasa bernama moai yang misterius.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/11/123000327/pulau-paskah-buka-lagi-kunjungan-wisata-setelah-tutup-2-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke