Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekspedisi Bengawan Solo di Lamongan Disambut Gelaran Jazz Festival

LAMONGAN, KOMPAS.com - Ekspedisi Bengawan Solo 2022 yang dilaksanakan Komunitas Stand Up Paddle Indonesia (SUP.ID) mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan.

Salah satunya melalui gelaran Bengawan Jazz Festival yang sempat menghadirkan grup musik Java Jive di Taman Kendalifornia yang berada di pinggir sungai Bengawan Solo Lamongan.

LokasiBengawan Jazz Festival tepatnya berada di Desa Kendal, Kecamatan Sekaran, Lamongan, Jawa Timur, Rabu (10/8/2022).

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, upaya yang dilakukan tim ekspedisi Bengawan Solo dalam proses perekaman data dan temuan, patut untuk diapresiasi.

Ekspedisi itu akan membantu Pemkab Lamongan dalam menentukan arah kebijakan dan penanganan permasalahan, yang berkaitan dengan Bengawan Solo.

Terlebih, temuan ekspedisi dapat menjadi dasar dalam pengembangan potensi desa wisata di Lamongan, terutama desa-desa sepanjang pinggiran Bengawan Solo wilayah Kabupaten Lamongan.

"Temuan-temuan yang disampaikan, termasuk dengan bagaimana Perdes (Peraturan Desa) tentang sampah. Ini tentu seiring dengan apa yang akan kita gagas, Perda (peraturan daerah) tentang kebersihan," ujar Yuhronur saat penyambutan tim ekspedisi, Rabu.

Yuhronur menambahkan, sebenarnya ada banyak potensi yang bisa diungkit dan dioptimalkan oleh desa-desa di sekitar Bengawan Solo.

Adanya Bengawan Jazz Festival yang baru pertama kali digelar di Lamongan pun diharapkan bakal terus dilaksanakan secara rutin tiap tahun dalam rangka mengangkat sektor pariwisata.

Seputar Ekspedisi Bengawan Solo

Adapun ekspedisi Bengawan Solo yang dilakukan SUP.ID adalah melaksanakan misi ekspedisi bertajuk Napak Tilas Jalur Peradaban Tanah Jawa dari berbagai sisi ekologi, lingkungan, budaya, heritage, dan melihat potensi yang ada di sekitaran jalur Sungai Bengawan Solo.

Adapun ekspedisi Sungai Bengawan Solo tersebut dimulai dari Kabupaten Wonogiri dan berakhir di Gresik.

Khusus di Kabupaten Lamongan, tim rombongan direncanakan akan berada di tiga lokasi yang berbeda.

Selain di Desa Kendal yang berada di Kecamatan Sekaran, tim juga direncanakan bakal menyambangi Desa Pringgoboyo di Kecamatan Maduran, serta Desa Mayong di Kecamatan Karangbinangun.

Agenda Ekspedisi Bengawan Solo yang dilaksanakan SUP.ID, dilakukan dengan menyusuri Bengawan Solo yang merupakan sungai terpanjang di Jawa.

Menggunakan paddle board (didayung), tim melakukan perjalanan sejauh 462 kilometer yang melintasi 12 Kabupaten di dua Provinsi.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/12/060600327/ekspedisi-bengawan-solo-di-lamongan-disambut-gelaran-jazz-festival

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke