Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lihat Mobil Kepresidenan Sejak Era Soekarno Bisa Mampir ke Sarinah

KOMPAS.com - Jelang Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI), masyarakat bisa datang melihat mobil-mobil kepresidenan yang pernah digunakan oleh Presiden RI sejak era Soekarno, hingga yang terbaru masih digunakan oleh Presiden Joko Widodo.

Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI digelar oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat sejak 13 Agustus 2022 hingga 22 Agustus 2022.

"Ini adalah rangkaian (kegiatan) selama bulan kemerdekaan,” ucap Menteri Sekretaris Negara, Pratikno saat membuka Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (13/8/2022).

Pameran bertajuk "Indonesia Merdeka" ini gratis untuk umum dan bisa dikunjungi sesuai jam operasional Sarinah, yakni mulai pukul 08.00 WIB-20.00 WIB.

Adapun area untuk pameran mobil kepresidenan berada di parkir lobi selatan Gedung Sarinah.

"Jadi mobil-mobil tersebut adalah mobil yang dipakai oleh tujuh Presiden Indonesia sesuai masanya," tutur Kepala Biro Tata Usaha dan Arsip Kepresidenan, Sinta Puspitasari saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu.

Sedangkan untuk pameran arsip, terdiri atas 44 berkas arsip tekstual, 104 arsip foto, 4 arsip video, dan 2 arsip audio.

Koleksi arsip tersebut menampilkan kisah perjalanan para Kepala Negara dalam menjawab tantangan yang harus dihadapi Indonesia bahkan dunia.

Pameran arsip ada di tiga lokasi. Lokasi pertama di Ground Floor, menampilkan arsip era Presiden Soekarno yang menekankan pada cerita bagaimana ia membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka, tidak saja merdeka dari belenggu penjajahan, tapi juga belenggu kebodohan.

Berikutnya di Lantai 1, ada kisah bagaimana Presiden Joko Widodo berupaya mengendalikan dan mengatasi pandemi Covid-19 yang mengancam stabilitas ekonomi bangsa.

Dalam arsip-arsip yang ditampilkan, tergambar bagaimana Presiden Joko Widodo memimpin langsung untuk menjawab tantangan pandemi ini.

  • Art Jakarta 2022 Digelar Akhir Agustus
  • Aturan Pasang Bendera Merah Putih Saat 17 Agustus

Sedangkan yang terakhir ada di Lantai 3, menampilkan arsip-arsip masa Presiden Soeharto, yang berupaya mengendalikan laju populasi di Indonesia melalui program KB (keluarga berencana), hingga mengatasi laju inflasi melalui Gerakan Gemar Menabung.

Di lantai 3 juga terdapat arsip dari masa kepemimpinan Presiden Habibie yang meletakkan dasar, atau pondasi demokrasi di Indonesia melalui kebijakan kebebasan pers.

Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan arsip Presiden Megawati, yang menggambarkan tonggak sejarah terwujudnya Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden secara langsung serta upaya pemberantasan korupsi dan terorisme.

Hingga, arsip dari masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang menunjukkan upaya mempertahankan stabilitas ekonomi pasca bencana Tsunami Aceh.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/14/112849927/lihat-mobil-kepresidenan-sejak-era-soekarno-bisa-mampir-ke-sarinah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke