Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

HUT RI, Bendera Merah Putih Berkibar di Puncak Gunung Nampar Nos NTT

BORONG, KOMPAS.com - Puncak Gunung Anak Ranakah di Kecamatan Lambaleda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi lokasi pengibaran bendera merah putih dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI).

Dikutip dari situs Geospasial Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gunung Anak Ranakah adalah kerucut gunung api dengan panorama indah dan udara segar yang menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara. 

Penduduk setempat menamakannya Nampar Nos (Namparnos). Gunung ini dapat dicapai dengan berkendara sekitar 45 menit dari Ruteng.

Komunitas Motor Trail (KMT) Kabupaten Manggarai Timur adalah kelompok yang memilih menggelar pengibaran bendera di Gunung Nampar Nos, Rabu (17/08/2022). Alasannya untuk semakin mendekatkan diri dengan alam sekaligus menumbuhkan rasa cinta terhadap alam.

Ketua Komunitas Motor Trail Kabupaten Manggarai Timur, Ade Manubellu mengatakan, ada satu hal yang bisa dipelajari dari sebuah gunung berapi.

Gunung berapi, menurutnya, akan selalu memiliki aktivitas vulkanik dalam kondisi cuaca apapun. Nilai itu dianggap relevan dengan situasi di masa pandemi Covid-19, di mana banyak orang harus tetap melanjutkan kehidupannya pada situasi apapun.

"Dan dari atas gunung sebenarnya mengajarkan kepada kita bahwa sebagai manusia tidak boleh sombong walau pun dalam posisi atau kedudukan yang lebih tinggi karena sebenarnya kita sangat kecil di tengah alam semesta ini," ucap Ade kepada Kompas.com, Rabu.

Tahun lalu, komunitas ini juga menyelenggarakan pengibaran bendera namun di lokasi berbeda, yakni salah satu bukit di kawasan pariwisata Nangarawa, Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba.

"Komunitas ini memiliki cara mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Manggarai Timur untuk dikenal luas oleh komunitas lainnya di seluruh Indonesia. Beberapa bulan lalu, komunitas ini menjelajahi pariwisata Manggarai Timur dengan motor trail," jelasnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/17/210800627/hut-ri-bendera-merah-putih-berkibar-di-puncak-gunung-nampar-nos-ntt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke