Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Potensi Pariwisata Gunungkidul, dari Alam hingga Budaya

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Gunungkidul, sebuah Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memiliki kekayaan alam dan budaya masyarakat yang cukup potensial.

Hingga kini, tempat wisata di Gunungkidul terus bermunculan karena diuntungkan dengan kombinasi kontur alam yang indah, baik pantai, pegunungan, perbukitan, maupun tradisi dan budaya masyarakat.

Sehingga, bukan tidak mungkin Gunungkidul menjadi destinasi pariwisata dengan tingkat popularitas seperti Bali.

  • 34 Wisata Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang
  • 5 Tempat Wisata Gunungkidul Terbaru, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Hal tersebut digambarkan dalam sebuah buku Gunungkidul The Next Bali yang diluncurkan oleh PT Bank Central Asia (BCA), pada Jumat (19/8/2022).

“Gunungkidul sangat layak untuk menjadi Bali. Waktu itu, saya berpikir Gunungkidul daerah kapur, ada geopark dan lain-lain, ini tidak berbeda dengan kawasan Nusa Dua. Nusa Dua dulu juga kawasan yang murah, tidak hebat, tapi dikonversi menjadi Nusa Dua yang sekarang,” ujar Komisaris Independen BCA sekaligus penulis buku Gunungkidul The Next Bali, Cyrillus Harinowo, di Pendopo Taman Budaya Wonosari, DIY.

Seperti yang dimuat dalam buku tersebut, Cyrillus menjelaskan bahwa Gunungkidul memiliki ragam kekayaan pariwisata yang unik.

Gunungkidul memiliki 50 pantai yang setiap pantainya memiliki keunikan masing-masing, baik dari sisi kontur perbukitan, lapisan karang, hingga hamparan pasir.

Dengan demikian, ke-50 pantai di Gunungkidul tidaklah sekadar pasir yang memanjang berkilo-kilometer jauhnya, tetapi pantai yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Lebih lanjut, pantai-pantai tersebut merupakan pantai publik yang bisa didatangi siapa pun dan telah dikenal masyarakat.

Selain itu, Gunungkidul juga masih memiliki banyak pantai yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Serta bisa dikembangkan sebagai pantai pribadi atau private beach, sebagai resor untuk kelas menengah ke atas.

“Pantai-pantai itu juga layak untuk dikembangkan sebagai destinasi pariwisata umum, resor, pantai pribadi,” ujar Cyrillus.

Gunungkidul dikenal pula dengan tempat wisata berupa gua-gua yang indah, termasuk 13 taman bumi (geopark) yang menjadi bagian dari 165 UNESCO Geopark Network.

Beberapa geopark tersebut di antaranya adalah Gunung Purba Nglanggeran, Gua Jomblang, Air Terjun Sri Gethuk, dan Gua Pindul.

Adapun untuk geopark yang merupakan jaringan dari UNESCO, kawasan tersebut telah diperiksa dengan teliti oleh ahli dari UNESCO (PBB).

Beberapa hal yang diteliti, antara lain geologi dan ekonomi, sebelum mereka kemudian memutuskan kawasan tersebut merupakan geopark dari jaringan UNESCO.

Kepala Dinas Pariwisata Gunung Kidul Mohammad Arif Aldian mengatakan, salah satu potensi Gunungkidul adalah dari budaya dan masyarakatnya.

“Saya pernah nanya ke wisatawan, ‘Apa yang bikin kamu suka berkunjung ke Gunungkidul?',  'Saya di sini sangat nyaman dengan hospitality-nya',” kata Arif.

Ia menambahkan, meski masyarakat Gunungkidul secara umum masih sangat tradisional, dengan budaya dan identitas lokal, mereka mampu menempatkan diri.

“Meski masih sangat tradisional, dengan budaya dan identitas lokal Gunungkidul, mereka mampu menempatkan diri dan posisi dengan baik. Sehingga wisatawan semakin baik, yang kemarin (Januari - Agustus 2022) sudah 2 juta wisatawan,” terang dia.

Sementara, EVP CSR BCA, Inge Setiawati mengatakan bahwa pariwisata dan keindahan dari Gunungkidul merupakan salah satu potensi kuat di Indonesia.

"Tidak sedikit lagi sekarang orang-orang yang mengenal daerah Gunungkidul sebagai daerah indah dan parisiwata yang sangat menarik, bukan lagi sebagai daerah yang gersang atau kekurangan seperti dahulu," ujarnya.

  • Pantai Ngrenehan Gunungkidul, Wisata Sambil Makan Seafood Murah
  • HeHa Ocean View, Tempat Wisata Baru di Tepi Laut Gunungkidul

Cyrillus menambahkan, Gunungkidul sangat mungkin akan terus berkembang pesat mengingat masih banyak destinasi pariwisata yang bisa dikembangkan.

Tidak hanya Gua Pindul yang menjadi tempat wisata pertama yang dikembangkan, kata dia, tempat-tempat wisata lainnya ikut menyusul.

Beberapa tempat tersebut di antaranya Pantai Kesirat, Pantai Sundak, Air Terjun Sri Gethuk, Goa Jomblang, Puncak Segoro, South Shore Beach Club, HeHa Sky View, HeHa Ocean View, Obelix Hills, Drini Hills Diamond Villa, dan Hotel Radika Paradise.

“Perlu pendekatan yang lebih strategis untuk menjaga kesinambungan dan keberlanjutan pengembangan pariwisata tersebut, misalnya melalui penetapan Gunungkidul sebagai the next Bali,” pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/20/063500027/potensi-pariwisata-gunungkidul-dari-alam-hingga-budaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke