Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Travel Fair di Bandara Soekarno-Hatta Bakal Jadi Agenda Tahunan

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II baru saja menggelar Travelin Fest di Bandara Soekarno-Hatta pada 13-17 Agustus 2022.

Melihat antusiasme yang cukup baik, AP II pun menetapkan Travelin Fest menjadi agenda tahunan.

“Para peserta juga mengungkapkan bahwa mereka ingin kembali berpartisipasi jika Travelin Fest kembali digelar. Untuk itu, melihat respons yang ada dan juga memperhatikan berbagai masukan, maka AP II menetapkan Travelin Fest akan digelar setiap tahun sebagai upaya terus menggeliatkan penerbangan dan pariwisata nasional, dan tentunya dengan juga dilakukan berbagai perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaannya,” ujar Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (22/08/2022).

Travelin Fest merupakan kali pertama AP II menggelar travel fair. Untuk itu, Awaluddin berharap, masukan yang didapatkan selama acara berlangsung bisa menjadikannya lebih baik di tahun mendatang.

Adapun Travelin Fest adalah tempat satu atap yang menyediakan kebutuhan para pelaku perjalanan untuk melakukan perjalanan wisata.

Sebanyak tujuh maskapai nasional, lima maskapai asing, tujuh agen perjalanan, dua hotelier, dua perusahaan pendukung perjalanan, dan satu perusahaan layanan transportasi berpartisipasi dalam gelaran tersebut.

Sementara Airport Town Festival dan Local Creative Festival didukung oleh enam instansi pemerintah kota/kabupaten bersama UMKM setempat dan memperkenalkan lebih dari 3.800 produk UMKM.

Agenda ini adalah bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekosistem pariwisata.

Penyelenggaraan Travelin Fest juga diganjar rekor dunia MURI untuk jumlah produk lokal mencapai lebih dari 3.800 produk.

Dalam lima hari penyelenggaraan, AP II mengklaim Travelin Fest mencatat total ransaksi mencapai sekitar Rp 500 juta.

Awaluddin berharap, ke depannya gelaran serupa bisa digelar di kota dan bandara lain.

“Travelin Fest sebagai salah satu sarana atau fasilitas mendorong tumbuhnya ekosistem pariwisata secara bersama-sama termasuk maskapai, travel agent dan UMKM. Kami berharap inisiatif ini ke depannya juga bisa digelar di setiap kota dan di setiap bandara," tuturnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/22/111508327/travel-fair-di-bandara-soekarno-hatta-bakal-jadi-agenda-tahunan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke