Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pantai Mutiara, Tempat Terbaik Manjakan Diri dari Hiruk Pikuk Kota

KOMPAS.com – Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Jatim) dikenal memiliki sederet pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Mutiara.

Meski tergolong baru, pantai yang berada di Dusun Karanggongso, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo Trenggalek ini berhasil menarik minat para wisatawan untuk berkunjung.

Pasalnya, lokasi Pantai Mutiara bersebelahan dengan pantai yang sudah lebih dulu dikenal para wisatawan, yaitu Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, Pantai Simbaronce.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Trenggalek Sunyoto mengatakan, Pantai Mutiara masih berada satu kawasan dengan Pantai Prigi, Karanggongso, dan Pasir Putih.

“Ombak di Pasir Putih, Pantai Karanggongso, dan Pantai Mutiara ini lebih tenang. Tidak menunjukkan ombak besar khas pantai selatan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (23/8/2022).

Pantai Mutiara memiliki air laut dan ombak yang tenang. Berbeda dengan kebanyakan pantai di wilayah pesisir yang identik dengan ombak besar.

Sunyoto menjelaskan, sesuai dengan namanya, Pantai Mutiara memiliki panorama alam yang menakjubkan dengan pasir putih lembut bagaikan mutiara.

Selain menyuguhkan keindahan alam, pengunjung juga bisa menikmati berbagai aktivitas seru, mulai dari banana boat, rumah apung, hingga keliling dengan perahu nelayan.

Dengan ombak yang tenang, Pantai Mutiara juga sangat cocok untuk bermain kano, paddle board, maupun sekedar bermain air di tepian.

Tempat ternyaman melepas penat

Salah satu pengunjung Pantai Mutiara, Herma Dianasari mengaku bahwa pemandangan Pantai Mutiara tidak kalah dari pantai-pantai lain di Trenggalek.

“Pantainya bagus, bersih tidak ada polusi. Bebatuannya juga indah,” ucapnya.

Selain menawarkan keindahan, lanjut dia, Pantai Mutiara juga membuat pengunjung betah duduk berlama-lama.

Pengunjung bisa melepas penat dengan duduk bersantai di bawah pepohonan yang rindang. Aktivitas ini akan sangat ideal bagi para pekerja yang ingin melepas stres setelah bekerja seharian.

“Rasa lelah seketika hilang, lupa kalau habis kerja begitu melihat keindahan Pantai Mutiara,” imbuh Herma.

Puas bermain air, pengunjung pun bisa menikmati berbagai hidangan masakan laut di kawasan Pantai Mutiara dengan harga terjangkau.

Meski tergolong murah, aneka masakan olahan hasil laut tersebut dijamin memanjakan lidah pengunjung.

“Kami sempat menikmati menu olahan tuna bakar. Murah dan enak. Satu ekor ikan tuna bisa berempat. Soalnya ikannya besar,” ujar Herma.

Dengan potensi tersebut, pemerintah daerah (pemda) setempat pun terus melakukan perbaikan infrastruktur menuju lokasi wisata pantai agar semakin mudah dijangkau oleh berbagai jenis kendaraan.

Untuk menuju ke Pantai Mutiara, pengunjung setidaknya membutuhkan waktu sekitar satu jam dari pusat Kota Trenggalek.

Perlu diketahui, setiap libur panjang maupun akhir pekan, kawasan pantai yang ada di Kabupaten Trenggalek banyak dikunjungi warga lokal hingga luar kota.

Apabila tidak terlalu suka keramaian, Anda bisa membuat agenda liburan di luar akhir pekan atau liburan panjang.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/23/162818027/pantai-mutiara-tempat-terbaik-manjakan-diri-dari-hiruk-pikuk-kota

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+