Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasca-kebakaran di Gili Lawa, Spot Snorkeling dan Diving Masih Buka

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Lokasi snorkeling dan diving (menyelam) di perairan Pulau Gili Lawa di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih dibuka untuk wisatawan pasca-kebakaran yang melanda Gili Lawa beberapa hari lalu.

"Wisatawan tetap dapat beraktivitas di lokasi selam permukaan (snorkeling) dan lokasi diving di wilayah perairan Resort Gili Lawa," kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang, Kamis (25/8/2022).

  • Pulau Gili Lawa TN Komodo Ditutup Sementara Akibat Kebakaran
  • Mengenal Gili Lawa Taman Nasional Komodo

Sebelumnya pada Minggu (21/8/2022), terjadi kebakaran hebat di Pulau Gili Lawa yang juga berlokasi di Kabupaten Manggarai Barat ini. Peristiwa itu mengakibatkan akses wisatawan ditutup sementara hingga pemberitahuan selanjutnya.

Lukita mengatakan, penutupan sementara dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan ekosistem padang sabana di Pulau Gili Lawa Darat yang terdampak kebakaran tersebut.

Pihaknya pun mengimbau wisatawan agar mematuhi sepenuhnya peraturan dan ketentuan wisata alam yang berlaku di Taman Nasional Komodo.

  • Kemenparekraf Siapkan Pola Perjalanan untuk Wisatawan ke TN Komodo
  • Taman Laut 17 Pulau Riung, Tempat Alternatif Lihat Komodo yang Murah

Adapun Balai Taman Nasional Komodo mencatat, hutan sabana seluas 45 hektar terbakar di Pulau Gili Lawa Darat pada Minggu.

Lukita menjelaskan bahwa kebakaran itu awalnya diketahui oleh petugas Resort Gili Lawa. Mereka melihat ada kepulan asap dari arah selatan jalur trekking Puncak Gili Lawa.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/25/210800427/pasca-kebakaran-di-gili-lawa-spot-snorkeling-dan-diving-masih-buka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke