Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Pulau Ketawai di Bangka Tengah, Bisa Snorkeling sampai Outbound

BANGKA TENGAH, KOMPAS.com - Kepulauan Bangka Belitung memang terkenal akan keindahan pulau dan pantainya.

Salah satu yang layak masuk dalam daftar perjalanan Anda saat berkunjung ke Bangka Belitung adalah Pulau Ketawai.

Pulau dengan hamparan pasir putih ini berjarak tidak terlalu jauh dari pusat Kota Pangkalpinang. Selain itu sudah tersedia kapal penyeberangan yang bisa digunakan setiap hari.

Pulau Ketawai masuk dalam salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Bangka Tengah. Dari Bandara Depati Amir, pulau ini berjarak sekitar 15 kilometer (km).

Pengunjung bisa memulai perjalanan dengan menggunakan minibus dari bandara atau Kota Pangkalpinang. Sewa minibus Rp 600.000 per hari, sudah termasuk biaya sopir dan bahan bakar minyak.

Selanjutnya perjalanan menuju Pulau Ketawai bisa dimulai dari dermaga Tempat Perlelangan Ikan (TPI) Kurau. Sudah ada speed boat yang dikelola kelompok wisata setempat.

Kapal cepat ini bisa disewa untuk keperluan rombongan atau menggunakan tarif jasa Rp 50.000 per orang. Pengunjung juga bisa menyewa kapal kayu milik nelayan yang banyak sandar di kawasan dermaga.

Tentunya, masing-masing kapal menghadirkan sensasi tersendiri saat menyeberang menerjang ombak menuju Pulau Ketawai.

Penyeberangan akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit sampai 30 menit. Setibanya di Pulau Ketawai, pengunjung akan disambut hamparan pasir putih dan banyak cangkang kerang yang bertebaran di sepanjang pantai.

Spot snorkeling andalan Bangka Belitung

Perairan di Pulau Ketawai pun cocok sebagai lokasi snorkeling atau sekadar mandi dan berenang sepuasnya. Salah seorang pengunjung Pulau Ketawai bernama Bella, mengaku senang dengan panorama alamnya.

Pulau Ketawai dinilai sebagai wisata yang layak untuk dikembangkan dengan mengadakan kegiatan lomba atau festival.

"Jarak dari pusat kota tidak terlalu jauh sehingga pengunjung bisa punya pilihan, camping ground atau pulang pada hari yang sama," ujar Bella kepada Kompas.com, Sabtu (20/8/2022).

Menurut dia, hamparan pasir putih dan kerang yang bertabur di atasnya menandakan ekosistem Pulau Ketawai masih terjaga baik.

"Suasana dan pemandangan alamnya sudah oke, tinggal fasilitasnya dilengkapi sehingga pengunjung tak harus bawa bekal dari rumah," ujar Bella.

Pulau Ketawai memang terlihat masih asri. Ada pondok dan sumur yang bisa digunakan saat berkunjung ke pulau ini. Kesegaran buah kelapa muda pun bisa dinikmati dengan harga terjangkau.

Suasana pulau yang jauh dari hiruk pikuk keramaian, bakal membuat pengunjung merasa betah.

Pulau Ketawai memiliki potensi alam yang kini sedang dikembangkan, yakni berupa budidaya rumput laut dan ikan kerapu.

Bagi para angler atau pegiat sport fishing, Pulau Ketawai menjadi lokasi yang patut anda coba.

Untuk kegiatan di darat, Pulau Ketawai bisa menjadi arena outbond, camping ground, dan pesta ikan bakar.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/28/070700427/wisata-pulau-ketawai-di-bangka-tengah-bisa-snorkeling-sampai-outbound

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke