Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pulau Pahawang di Lampung, Punya Pesona Bawah Laut yang Menawan

KOMPAS.com – Keindahan alam Indonesia tidak hanya tersaji di daratan saja. Alam bawah lautnya pun begitu indah.

Ada banyak tempat di Indonesia yang menyuguhkan indahnya pesona alam bawah laut, salah satunya adalah Pulau Pahawang di Lampung.

Alam bawah laut Pulau Pahawang memang sangat menawan. Tidak sedikit wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang ingin menjajal atraksi yang ditawarkan.

Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas wisata, seperti snorkling, diving, jelajah hutan bakau, penanaman terumbu karang, dan berkemah.

Adapun Desa Wisata Pulau Pahawang berada di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Desa wisata ini merupakan kepulauan yang terdiri dari 6 dusun.

Pulau Pahawang dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda empat selama satu jam dari pusat kota Lampung ke Pelabuhan Ketapang, kemudian dilanjutkan naik speed boat menuju desa selama 30 menit.

Kekayaan pariwisata Pulau Pahawang

Dikutip dari rilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Minggu (28/8/2022), wisatawan yang tertarik mengunjungi Pulau Pahawang dapat mengakses media sosial instagram di @desawisatapulaupahawang.

Wisatawan bisa menginap di homestay. Terdapat 42 homestay dengan berbagai arsitektur rumah panggung khas masyarakat Lampung.

Saat berkunjung, wisatawan bisa membeli suvenir khas, di antaranya adalah miniatur kapal dan kerajinan bambu.

Selain itu, desa wisata ini juga punya kesenian tradisional yang masih tetap dilestarikan, salah satunya adalah tari siger pengunten (tari penyambutan).

Ada pula event tahunan, yakni Pahawang Culture Festival 2022 yang langsung dibuka Menparekraf Sandiaga Uno pada Sabtu (27/8/2022).

"ADWI ini kita rancang untuk memberikan apresiasi, menganugrahi, dan juga menjadi inspirasi karena desa wisata tahun lalu menjadi pandemic winner, karena meningkatnya kunjungan 30 persen berdasarkan big data kita," tutur Sandiaga.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/28/210100827/pulau-pahawang-di-lampung-punya-pesona-bawah-laut-yang-menawan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke