Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Festival Flora dan Fauna 2022 Jakarta, Liburan Sambil Lihat Tanaman

KOMPAS.com - Mampir ke Festival Flora dan Fauna (Flona) 2022 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, bisa menjadi pilihan untuk mengisi akhir pekan atau sekadar waktu senggang.

Acara ini diselenggarakan selama sebulan penuh, yakni 26 Agustus hingga 26 September 2022, pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Ketika membuka pameran ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap acara tersebut dapat memperkuat interaksi antar-manusia dengan flora dan fauna. Selain itu, hobi berkebun juga banyak ditekuni oleh masyarakat selama pandemi Covid-19.

"Karena itu saya percaya 120 stan flora fauna dan komunitas adalah stan yang penuh dengan kebaruan yang menggambarkan perkembangan hobi yang luar biasa pesat selama masa libur dari pameran dua tahun di belakang," ujar Anies, Jumat (26/08/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Adapun Flona sempat terhenti selama dua tahun karena pandemi Covid-19.

Aktivitas di Flona 2022

Masuk ke Flona 2022 tidak dikenakan biaya alias gratis. Acara ini juga cocok untuk semua usia.

Bagi anak-anak, selain bisa bermain di area ruang terbuka yang luas juga menjadi sarana edukasi untuk lebih mengenal flora dan fauna.

Beragam jenis tanaman bisa ditemukan di pameran ini, termasuk tanaman hias hingga tanaman obat.

Dikutip dari Kompas.com (27/08/2022), meski banyak obyek flora dan fauna yang dipajang adalah untuk dijual, namun pengunjung tetap bisa berfoto bersama obyek-obyek tersebut.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati menyebutkan dalam media sosialnya, @fery.farhati, bahwa pengunjung Flona 2022 juga bisa menemukan beberapa miniatur ikon Jakarta.

"Kita juga bisa melihat dan mengabadikan foto di depan berbagai miniatur ikon Jakarta, seperti Jembatan Tebet Eco Park, miniatur #StadionKita JIS, hingga wahana Ragunan, dan masih banyak spot menarik lainnya," ujar Fery.

Ada pula berbagai instalasi menarik yang dihiasi dengan bunga warna-warni. Misalnya, sepasang patung ondel-ondel yang menyapa di pintu masuk selatan. Bagian bawah ondel-ondel dihiasi bunga-bunga cantik yang tampak segar dan indah.

Di sudut lainnya, pengunjung juga bisa menemukan sepasang patung penari tradisional Betawi dengan hiasan bunga pada seluruh pakaian patung.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/30/135435527/festival-flora-dan-fauna-2022-jakarta-liburan-sambil-lihat-tanaman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke