Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Turis dari Swiss Ikut Menyiang Rumput Bersama Petani di Manggarai Timur NTT

BORONG, KOMPAS.com - Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus mempromosikan beberapa kearifan lokalnya.

Wisatawan pun bisa seolah menyatu dengan kehidupan masyarakat petani setempat. Tidak hanya bisa menikmati wisata river tubing, wisatawan bisa ikut menyiangi rumput di sawah bersama petani.

Jumat, (2/9/2022), turis asal Swiss berwisata di air terjun Cunca Caru dengan berjalan di pematang sawah. Saat mau kembali ke penginapan, mereka turun ke sawah untuk bergabung dengan petani menyiangi rumput.

"Ini memberikan pengalaman baru bagi wisatawan mancanegara dan Nusantara untuk mengenal kehidupan masyarakat petani di Manggarai Timur," kata Kepala Desa Golo Loni, Yohanes Okalung kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp Sabtu, (3/9/2022).

Ia melanjutkan, Pemerintah Desa Golo Loni bersama anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tunas Harapan Desa Golo Loni memandu wisatawan yang mengunjungi beberapa lokasi wisata di Desa tersebut.

"Kami menawarkan hal-hal unik untuk diperkenalkan kepada wisatawan mancanegara dan Nusantara. Kehidupan masyarakat petani diperkenalkan kepada wisatawan yang mengunjungi destinasi di desa tersebut," tutur Okalung.

Aktivitas menarik untuk turis asing

Okalung menjelaskan, turis asal Swiss bernama Dimitry dan Melania menikmati alam di kawasan wisata di Golo Loni. Mereka turun ke sawah untuk bergabung dengan petani menyiangi rumput.

Mereka juga mengunjungi air terjun Cunca Caru, mengunjungi kolam ikan air tawar, dan duduk di pondok di tengah sawah sambil menikmati hidangan lokal. Beberapa bulan lalu, turis asal Jerman juga menanam anakan bambu di lokasi wisata.

"Kami perlahan-lahan terus mempromosikan keunikan destinasi wisata di Desa Golo Loni. Kabar gembira bahwa Pokdarwis sudah memiliki akta notaris dari Kemenkumham RI, sehingga aktivitas wisatanya legal dengan memiliki kekuatan hukum, " jelasnya.

"Kami terus belajar dengan masukan dari wisatawan sudah mengunjungi destinasi wisata Desa Golo Loni yang berada dipinggir jalan Transflores, NTT," jelasnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/03/150300427/turis-dari-swiss-ikut-menyiang-rumput-bersama-petani-di-manggarai-timur-ntt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke