Salin Artikel

Punya Camper Van Sendiri untuk Piknik Seharga Rp 800 Juta, Ini Fasilitasnya

KOMPAS.com - Berlibur dengan mobil jenis camper van kian ramai diminati, sebab dianggap cukup efisien dan aman khususnya di tengah pandemi saat ini.

Namun untuk bisa memiliki satu unit camper van, kamu harus siap merogoh kocek sekitar Rp 800 juta.

Lantas, apa saja fasilitas yang diperoleh dalam satu unit camper van Rp 800 juta tersebut?

  • 4 Tips Istirahat Optimal Saat Mudik Jarak Jauh Naik Mobil
  • Tips Istirahat di Rest Area Saat Mudik, Jangan Tidur di Mobil

Saat berkunjung ke Indofest, Jumat (3/9/2022) lalu, Kompas.com berkesempatan melihat isi dari satu unit camper van tipe Isuzu Elf NLR 55B Euro 4.

Adapun camper van ini dilengkapi awning (sejenis kanopi) elektrik pada sisi luarnya, dengan ukuran 3,5 meter X 2,75 meter, sehingga bisa digunakan sebagai atap untuk sekadar bersantai, memasak, dan ragam aktivitas outdoor lainnya.

Masuk ke dalam mobil, terdapat dua set sofa multifungsi yang bisa digunakan untuk tidur, dan satu tempat tidur di bagian atas.

Camper van ini juga telah dilengkapi dengan wastafel, kamar mandi dan toilet, pemanas air, dan ac (air conditioner) ruangan.

"Kamar mandi dilengkapi toilet dan water heater, jadi kalau mau mandi air hangat juga bisa. Terus untuk ruangannya ada ac room yang bisa dingin, bisa hangat. Jadi ketika udara di luar dingin, masuk ke dalam bisa hangat," kata Sales Consultant Delima Mandiri Rojak kepada Kompas.com, Jumat.

Sedangkan untuk perangkat elektronik lainnya, tersedia chiller dan freezer yang bisa mencapai suhu minus 22 derajat Celcius.

Ketersediaan air dan pembuangan

Camper van sudah dilengkapi dengan tangki persediaan air bersih yang bisa memuat sekitar 80 liter air untuk keperluan harian. Kemudian ada pula tangki lainnya berkapasitas 11 liter untuk cadangan flush air toilet.

"Kalau dipakai full, cadangan air di camper van ini bisa untuk tiga hari dua malam jika digunakan oleh tiga sampai empat orang," terang Rojak.

Sedangkan untuk pembuangan limbah, di bawah camper van disediakan jerigen penampung yang terpisah untuk masing-masing saluran.

"Pembuangan di kamar mandi itu terpisah sendiri, untuk toilet terpisah sendiri, jadi sudah ada masing-masing tankinya," imbuhnya.

Legalitas dan kelayakan jalan camper van

Sebagai informasi, harga Rp 800 juta tersebut belum termasuk STNK. Kendati demikian, calon pembeli tidak usah khawatir terkait masalah perijinan transportasi ini.

"Camper van ini legalitasnya sudah clear. Jadi ada yang namanya Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB), kalau kita mau bikin kendaraan, atau membangun kendaraan seperti ini," tutur Rojak.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/05/142509127/punya-camper-van-sendiri-untuk-piknik-seharga-rp-800-juta-ini-fasilitasnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.