Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Check-in Pesawat, Perhatikan Waktu dan Siapkan Dokumen

KOMPAS.com - Sebelum naik pesawat, calon pelaku perjalanan wajib melakukan check-in terlebih dahulu. 

Tujuan check-in mirip seperti melaporkan atau memberi konfirmasi bahwa seorang calon pelaku perjalanan akan menaiki pesawat dengan jadwal tertentu, dan membawa bagasi tercatat atau bagasi kabin. 

  • Panduan Check-in Penerbangan Domestik di Bandara Soekarno-Hatta Saat Pandemi
  • Jangan Lakukan Ini Saat Menyimpan Bagasi Kabin di Pesawat

Dengan menjalani proses check-in, calon pelaku perjalanan juga akan menerima boarding pass yang harus ditunjukkan ke petugas sebelum naik pesawat.

Berikut sejumlah tips check-in sebelum naik pesawat, agar perjalanan bisa lebih lancar, berdasarkan rangkuman Kompas.com dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2022):

Sebelum melakukan check-in, calon pelaku perjalanan wajib mencari tahu syarat penerbangan terbaru. Salah satunya dengan mengecek situs web Satuan Tugas Penanganan COVID-19 atau melalui aplikasi PeduliLindungi.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah seseorang bisa melakukan perjalanan sesuai dengan dosis vaksinasi yang diperoleh, serta apakah seseorang wajib melakukan tes PCR atau tes antigen terlebih dahulu.

Saat hendak menghampiri konter check-in di bandara, calon pelaku perjalanan wajib menyiapkan sejumlah dokumen.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (25/10/2021), dokumen yang diperlukan antara lain tiket pesawat dan identitas diri, misalnya KTP.

Dengan demikian, calon pelaku perjalanan bisa lebih siap saat melapor ke petugas di konter check-in dan meminimalisasi terjadinya antrean. 

Setiap maskapai penerbangan menerapkan jangka waktu tertentu terkait proses check-in. Calon pelaku perjalanan pun wajib mematuhinya agar tidak terlambat naik pesawat.

Garuda Indonesia, misalnya, menganjurkan calon pelaku perjalanan untuk check-in paling lambat satu jam sebelum keberangkatan untuk rute domestik. 

Sementara itu, dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (22/7/2022), Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga mengimbau calon pelaku perjalanan untuk tiba di bandara lebih awal.

"Untuk penerbangan domestik, waktu check in dibuka oleh maskapai penerbangan dua jam sebelum jadwal keberangkatan,” bunyi informasi dari laman Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Selain menemui petugas di konter check-in atau proses check-in manual, terdapat aneka jenis check-in yang ditawarkan bandara maupun maskapai penerbangan.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, salah satunya, terdapat area khusus check-in mandiri atau self check-in. Sesuai namanya, calon pelaku perjalanan bisa mencetak boarding pass mereka secara mandiri. 

Ada pula layanan online check-in atau mobile check-in yang bisa dilakukan melalui aplikasi maskapai penerbangan. Kendati demikian, calon pelaku perjalanan tetap wajib memerhatikan jangka waktu check-in. 

Check-in lebih awal dinilai memberi banyak manfaat bagi calon pelaku perjalanan.

Selain menghindari terjadinya antrean, calon pelaku perjalanan juga bisa memilih kursi di pesawat bila maskapai penerbangan yang mereka pilih menerapkan penentuan kursi berdasarkan siapa yang check-in terlebih dahulu.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu (2/4/2022), salah satu kursi terbaik di pesawat adalah kursi dekat jendela. 

https://travel.kompas.com/read/2022/09/08/112636427/5-tips-check-in-pesawat-perhatikan-waktu-dan-siapkan-dokumen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke