Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ratu Elizabeth II Wafat, 4 Landmark Ikonik Dunia Turut Berduka Cita

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat di Kastel Balmoral, Skotlandia.

  • Kastil Balmoral, Tempat Ratu Elizabeth II Mengembuskan Napas Terakhir
  • Ratu Elizabeth Meninggal, Gambar Koin dan Uang Kertas Ikut Ganti?

Sejumlah tempat pun turut menyampaikan duka cita atas meninggalnya sang ratu dengan berbagai cara, mulai dari mematikan lampu pencahayaan hingga mengibarkan bendera setengah tiang.

Berikut beberapa lokasi tersebut:

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengimbau agar bendera-bendera di Gedung Putih, Washington D.C., AS, dikibarkan setengah tiang sebagai bentuk belasungkawa atas meninggalnya sang ratu.

"Ratu Elizabeth II adalah sosok dengan martabat dan keteguhan yang tidak tertandingi yang memperdalam aliansi antara Inggris dengan Amerika Serikat," kata Biden, dikutip dari AFP, Jumat (9/9/2022).

Potret hitam-putih Ratu Elizabeth diperlihatkan di salah satu papan reklame di Times Square, salah satu titik tersibuk dan tersohor di New York, AS. 

Gambar tersebut juga disertai dengan tulisan tanggal kelahiran dan meninggalnya sang ratu.

Pada Jumat (9/9/2022), akun Twitter resmi Menara Eiffel di Paris, Perancis, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Ratu Elizabeth II.

"Sebagai penghormatan kepada Ratu Elizabeth II, nanti malam, saya akan mematikan seluruh lampu saat tengah malam," bunyi kicauan dari akun Twitter tersebut.

Untuk diketahui, Menara Eiffel kerap mematikan lampu-lampunya terkait suatu peristiwa. Pada tahun 2019, misalnya, menara setinggi 300-330 meter ini pernah mematikan lampunya sehubungan dengan terjadinya peristiwa bom di Sri Lanka.

Empire State Building, salah satu pencakar langit di Manhattan, New York City, AS, juga menunjukkan duka cita atas meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Gedung setinggi 381-443 meter ini akan menyalakan cahaya warna ungu dengan kilau keperakan di menaranya.

"Malam ini, lampu menara akan bersinar dalam warna ungu dan berkilau dalam warna perak untuk menghormati kehidupan dan warisan Ratu Elizabeth II," bunyi kicauan akun Twitter resmi gedung tersebut, Jumat (9/9/2022).

https://travel.kompas.com/read/2022/09/09/092448627/ratu-elizabeth-ii-wafat-4-landmark-ikonik-dunia-turut-berduka-cita

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke