Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara ke Tiong Bahru dan Joo Chiat, Kawasan Ikonik di Singapura

KOMPAS.com - Dua tempat di Singapura, Tiong Bahru dan Joo Chiat sangat menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, keduanya memiliki keunikan tersendiri.

Tiong Bahru merupakan salah satu kawasan perumahan tertua di Singapura. Bangunan di sana bernuansa tahun 1930, disebut Streamline Moderne yang dipenuhi kafe-kafe cantik, pasar, toko buku dan pernak-pernik, serta kelenteng.

Sementara Joo Chiat adalah pusatnya kafe hipster. Rumah toko yang dicat berwarna-warni milik kaum Peranakan dan bungalow gaya kolonial, tersebar di sana.

Tak heran, Joo Chiat adalah salah satu tempat yang bisa kamu pilih untuk kulineran dan sarapan pagi di luar hotel.

Di daerah ini, kamu juga bisa mengunjungi The Intan Peranakan, yakni sebuah rumah museum milik Alvin Yapp yang dilengkapi banyak barang antik milik Kaum Peranakan.

Jika kamu berniat berkunjung ke sana, kamu bisa memilih dua moda transportasi, yakni naik kereta bawah tanah (MRT) dan bus.

Rute ke Tiong Bahru dan Joo Chiat

Nah, berikut ini Kompas.com rangkum rute untuk berkunjung ke dua tempat tersebut dalam satu hari.

1. Tiong Bahru

Untuk menuju ke Tiong Bahru naik MRT, kamu perlu memilih stasiun MRT yang paling dekat.

Jika kamu berada di sekitaran Orchard Road, ada 3 stasiun MRT di sepanjang jalan Orchard, yaitu Orchard, Somerset, dan Dhoby Ghout. Pintu masuk stasiun MRT Orchard berada di bawah tanah Mall ION orchard.

Jika kamu memulai perjalanan dari stasiun MRT Dhoby Ghaut, pilih MRT North South Line ke arah Marina South Pier, turun di City Hall.

Kemudian, kamu perlu berganti MRT, yakni MRT East West Line ke arah Tuas Link, turun di Stasiun Tiong Bahru.

Dari sini, kamu bisa berjalanan kaki selama sekitar 9 menit atau 750 meter untuk sampai ke Tiong Bahru Market.

Kamu juga bisa memilih naik busway di halte depan stasiun, yakni halte Tiong Bahru. Kemudian, naik busway kode 123, 851, 63, 5, 16, 33 atau rute lain yang berhenti di Halte Blk 1. Halte Blk 1 hanya satu stasiun dari Tiong Bahru Station.

2. Joo Chiat

Jika di hari yang sama kamu ingin melanjutkan perjalanan ke Joo Chiat, cari lah halte busway terdekat dari Tiong Bahru Station. Kamu bisa kembali ke halte busway sebelumnya, yakni Halte Blk 1.

Dari sana, kamu bisa memilih bus dengan rute-rute yang berhenti di Joo Chiat Road. Salah satu bus yang berhenti di sana adalah bus nomor 33 ke arah Bedok Int, turun di Joo Chiat PI.

Tercatat ada sekitar 24 perhentian yang memakan waktu kurang lebih setengah jam perjalanan.

Kompas.com sudah mencoba rute tersebut untuk ke Tiong Bahru dan Joo Chiat. Harga tiket yang dikeluarkan untuk sekali perjalanan dengan kartu debit Jenius sebesar 3,30 Dollar Singapura atau sekitar Rp 36.237 (ekuivalen Rp 10.981).

https://travel.kompas.com/read/2022/09/11/122212227/cara-ke-tiong-bahru-dan-joo-chiat-kawasan-ikonik-di-singapura

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke