Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Wisata Instagramable Bintan, Ada Pantai dan Pohon Sakura

KOMPAS.com - Pulau Bintan di Kepulauan Riau menawarkan beragam tempat wisata alam yang menarik, salah satunya berupa pantai dengan segala aktivitasnya. 

Selain wisata pantai, ada juga tempat wisata lain yang dapat dikunjungi, dari tempat ibadah hingga taman yang Instagramable. Bahkan, salah satunya disebut memiliki kolam renang terbesar se-Asia Tenggara. 

Berikut sejumlah tempat wisata di Bintan yang unik dan indah diabadikan melalui lensa kamera:

Treasure Bay ini merupakan tempat wisata tepi laut seluas sekitar 338 hektar yang terletak di Bintan.

Terdapat berbagai aktivitas dan tempat hiburan yang menarik di tempat ini, salah satunya Crystal Lagoons.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu (29/1/2022), Treasure Bay memiliki kolam renang terbesar se-Asia Tenggara. Luasnya sampai 800 meter atau setara dengan 50 kolam renang tingkat Olimpiade yang digabungkan.

Pengunjung juga bisa menjajal aneka aktivitas, antara lain seperti paddleboard, jetovator, dan bermain di pelampung raksasa. Selain aktivitas air, ada juga aktivitas lainnya, yakni ATV, sepak bola, bola voli, Rodeo Bull, sepeda, dan skuter listrik.

Treasure Bay beroperasi pukul 09.00-18.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai dari Rp 120.000-Rp 750.000.

Harga ini tergantung paketan tiket yang dipilih, sebab ada tiket terusan juga yang disediakan.

Pantai Trikora merupakan pantai pasir putih yang berlokasi di Pulau Bintan.

Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 21 kilometer, sehingga areanya pun dapat terbagi lagi menjadi lima, mulai dari Trikora 1 dan seterusnya, dilansir dari Kompas.com, Sabtu (26/10/2019).

Jarak dari pusat kota, yakni Tanjung Pinang, menuju Pantai Trikora sekitar 50 kilometer.

Sambil menyusuri pantai, wisatawan bisa berfoto-foto. Di Pantai Trikora 3 terdapat bebatuan granit putih yang bisa jadikan latar foto. 

Dilansir dari Antaranews.com pada Jumat (04/03/2022), Pantai Trikora akan dikembangkan menjadi destinasi wisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, dan Pemerintah Kabupaten Riau.

Taman Kota Kijang yang berlokasi Kijang Kota, Bintan Timur, Kabupaten Bintan, juga menjadi pilihan wisata Instagramable.

Tempat wisata ini memiliki pohon sakura dan air mancur menari, yang bisa jadi tontonan pengunjung di kala malam hari. 

Selain daya tarik tersebut, dilansir dari Tribunnews.com, Selasa (05/04/2022), taman ini juga memiliki jalanan yang bisa dijadikan tempat jogging dan bersepeda, ditambah kolam pancingan.

Berdasarkan laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan, taman ini dapat diakses oleh pengunjung secara gratis dan jam operasionalnya pun 24 jam. Jadi, pengunjung bisa datang ke taman ini kapan pun.

Telaga Biru terletak di Desa Busung, Kecamatan Tanjung Uban.

Telaga ini menawarkan keindahan alam karena terletak di tengah gunung pasir serta air yang berwarna biru tosca.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (12/6/2018), tempat wisata ini dulunya penambangan pasir bauksit yang kini mengeras. Penambangan dihentikan sejak masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Vihara 1.000 Wajah atau dengan nama asli Vihara Ksitigarbha Bodhisattva ini berlokasi di Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang.

Dilansir dari Kompas.com pada Rabu (26/01/2022), Vihara 1.000 Wajah memiliki beragam patung dengan ekspresi dan mimik wajah berbeda-beda. Namun, nama 1.000 wajah ini hanyalah sebuah kiasan, sebab tidak benar-benar menyajikan 1.000 patung dengan 1.000 wajah.

Patung-patung yang ada di vihara ini merupakan hasil sumbangan jemaat, maka di setiap patungnya terdapat ukiran nama penyumbangnya.

Adapun jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.45 WIB.

Wisatawan yang ingin berfoto-foto dengan suasana pantai sambil menjajal aneka aktivitas yang ada bisa mengunjungi Pulau Ranoh. 

Dilaporkan oleh Tribunnews.com pada Jumat (05/08/2022), di Pulau Ranoh pengunjung bisa menikmati aktivitas water sports atau olahraga air, salah satunya snorkeling.

Selain aktivitas air, pengunjung juga bisa glamping (glamour camping) atau camping; serta bersantai di gazebo, kursi berjemur, hammock, dan bean bags. Ada juga wahana balon khusus anak-anak.

Untuk berkunjung ke Pulau Ranoh, pengunjung harus menaiki kapal. Terdapat dua jenis kapal yang tersedia, yaitu kapal kecil berkapasitas 15 orang dan bisa sampai ke tujuan lebih cepat dan kapal besar dengan kapasitas 75 orang.

Selain Pantai Trikora, Bintan juga memiliki Pantai Sakera yang berlokasi di Tanjung Uban.

Di tempat ini, pengunjung bisa berfoto-foto sambil menikmati suasana yang ada, termasuk panorama matahari terbenam (sunset).

Selain itu, ada pula wahana untuk wisata air yang bisa dicoba, dikutip dari laman direktoripariwisata.id.

Rumah Imaji yang terletak di Plaza Lagoi ini cocok dikunjungi oleh wisatawan pencari lokasi Instagramable.

Tempat ini menyajikan ilustrasi 3 dimensi (3D) yang terlihat nyata, dengan sekitar 50 ilustrasi yang mampu menghasilkan foto yang unik.

Tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman sambil berfoto-foto ria. Harga tiket masuk mulai Rp 50.000 untuk orang dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak usia 3-11 tahun, dikutip dari laman resminya.

Rumah Imaji dapat dikunjungi pukul 10.00-19.00 WIB setiap harinya. Waktu operasional ini efektif sejak 14 Februari 2020, namun biasanya Rumah Imaji beroperasi hingga pukul 22.00 WIB.

Sesuai namanya, Gurun Pasir Desa Busung terletak di Desa Wisata Busung, Kabupaten Bintan. Gurun ini cocok bagi pengunjung yang ingin mencari spot Instagramable bernuansa alam. 

Dilansir dari Tribunnews.com pada Sabtu (04/12/2021), gurun yang berupa hamparan pasir putih dengan gundukan-gundukan ini diketahui terbentuk akibat proses ekplorasi tambang.

Untuk mengunjungi gurun tersebut, pengunjung perlu membayar parkir untuk kendaraan, rinciannya tarif untuk sepeda motor mulai Rp 2.000, mobil Rp 5.000, dan bus Rp 20.000. 

Safari Lagoi Bintan menjadi rumah bagi satwa yang dilindungi atau terancam punah ditambah satwa lainnya, misalnya orangutan, beruang madu, dan gajah.

Pengunjung bisa ikut tur berpemandu mengelilingi tempat ini selama sekitar dua jam. Dikutip dari laman resminya, pengunjung juga tak hanya melihat satwa, tetapi juga bisa belajar bercocok tanam.

Harga turnya mulai Rp 120.000 untuk dewasa dan Rp 60.000 untuk anak berusia 3-11 tahun. Tempat wisata ini buka setiap harinya pukul 10.00-16.00 WIB.

Pulau Penyengat merupakan suatu pulau kecil sekaligus obyek wisata di Kota Tanjungpinang. Jaraknya kurang lebih sekitar 1,8 kilometer dari pusat kota, dilansir dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang.

Untuk berkunjung ke pulau ini pengunjung perlu menyewa perahu bermotor dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Salah satu daya tarik dari pulau ini adalah peninggalan bersejarahnya. Di antaranya Masjid Raya Sultan Riau yang konon terbuat dari putih telur, Kompleks Makam Engku Putri Raja dan Raja Jakfar, Istana Kantor, dan Balai Adat Melayu Kepulauan Riau.

Uniknya, bangunan-bangunan tersebut rata-rata memiliki warna kuning, sehingga terlihat unik.

Kawasan Lagoi terbilang cukup lengkap. Wisatawan bisa menikmati suasana pantai berpasir putih yang Instagramable, ditambah aneka tempat wisata dan resorts. 

Wisatawan bisa mencapai kawasan ini melalui perjalanan darat, dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (23/8/2022). Bila dari Pelabuhan Tanjung Uban Bintan, misalnya, durasi berkendara sekitar 30 menit.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/17/121500027/12-wisata-instagramable-bintan-ada-pantai-dan-pohon-sakura

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke