Salin Artikel

Dampak Kenaikan BBM, Harga Hotel dan Menu Restoran di Kota Malang Siap-siap Naik

MALANG, KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang sedang ancang-ancang menaikkan harga sewa kamar dan menu di tempat makan.

Ketua PHRI Kota Malang Agoes Basoeki mengatakan, saat ini dampak kenaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) belum dirasakan seluruh hotel dan restoran. Okupansi kamar-kamar hotel rata-rata saat akhir pekan terisi hingga 70 persen.

"Ditambah dengan kegiatan meeting-meeting biasanya dari pemerintahan atau perusahaan-perusahaan, mereka juga sekalian menginap dengan paket-paket harga yang disediakan," kata Agoes kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2022).

Namun, sambung dia, tempat penginapan kelas bawah dan restoran mulai merasakan dampak kenaikan harga BBM, terutama dalam layanan makanan serta minuman.

"Terutama di food and beverage karena biasanya kenaikan harga BBM dampaknya ke kebutuhan pokok yang ikut naik juga, biaya operasional mereka mulai terlihat bertambah," katanya.

Harga hotel masih belum naik

Agoes mengungkapkan saat ini para manajemen hotel rata-rata belum berani menaikkan harga sewa kamar. Hal itu karena dikhawatirkan nantinya malah akan berpotensi kehilangan tamu.

Saat ini harga sewa kamar pun rata-rata juga masih belum standar seperti sebelum pandemi Covid-19.

"Misal harga sewa kamar deluxe per malam seharusnya Rp 1,8 juta, tapi masih dijual Rp 1,2 juta karena kami masih melihat situasi dan kondisi persaingan yang ada," katanya.

Lebih lanjut, Agoes menyampaikan bahwa para manajemen hotel dan restoran yang tergabung dengan PHRI Kota Malang belum melakukan pertemuan serius membahas soal dampak kenaikan harga BBM.

Namun, dikatakannya para manajemen berencana melakukan budgeting atau penghitungan biaya operasional ulang. Potensi kenaikkan harga sewa kamar dan menu harga makanan serta minuman diperkirakan mencapai 10 persen.

Para anggota PHRI juga telah menerima harapan dari para pegawai untuk bisa menaikkan upah mereka.

Perlu diketahui, PHRI Kota Malang memiliki 90 anggota. Di antaranya 82 tempat penginapan dan 8 lainnya merupakan restoran dan lembaga pendidikan.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/18/132043227/dampak-kenaikan-bbm-harga-hotel-dan-menu-restoran-di-kota-malang-siap-siap

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.