Salin Artikel

9 Wisata Malam Yogyakarta yang Romantis dan Murah Meriah

KOMPAS.com - Wisata Jogja atau Yogyakarta tak hanya menarik untuk dijelajahi pada siang atau sore hari, tetapi juga pada malam hari.

Jika pergi bersama pasangan, mengunjungi tempat wisata malam Yogyakarta bisa menjadi pilihan untuk menciptakan suasana romantis dan terasa lebih akrab.

Wisata malam tak harus pergi ke tempat-tempat mahal, tapi bisa dilakukan dengan mengunjungi destinasi yang murah meriah.

Berikut ini sejumlah tempat wisata malam Yogyakarta dan sekitarnya yang romantis dan murah meriah, yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan.

Belum sah jika tak memasukkan Malioboro ke dalam daftar wisata malam Yogyakarta, termasuk jika kamu mencari destinasi yang romantis dan murah meriah.

Kawasan Malioboro adalah salah satu ikon Yogyakarta. Hampir semua wisatawan yang berlibur ke Kota Pelajar menyempatkan diri mampir ke kawasan ini.

Pesona Malioboro dapat dinikmati kapanpun, termasuk jika kamu dan pasangan ingin mengunjunginya pada malam hari.

Kamu bisa duduk-duduk santai di kursi yang tersedia di sepanjang area pedestrian sambil menikmati lampu-lampu kota. Lainnya, kamu juga bisa cuci mata dengan mampir ke area perbelanjaan, seperti Teras Malioboro, tempat baru para pedagang kaki lima yang biasa menghiasi pedestrian.

Alun-alun Kidul Yogyakarta, yang berada di belakang Kraton Yogyakarta, juga bisa menjadi pilihan wisata malam Yogyakarta yang murah meriah.

Tempat ini populer dengan dua pohon beringin besar yang berdiri di tengah lapangannya yang luas.

Salah satu mitos yang melekat dari beringin kembar itu adalah siapa saja yang berhasil berjalan di antara kedua pohon tersebut dengan mata tertutup, konon keinginannya akan terkabul. Dikutip dari situs Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, mitos ini disebut Masangin. 

Di samping mencoba berjalan di tengah pohon tersebut, pengunjung juga kerap memanfaatkan Alun-alun Kidul sebagai tempat bersantai sambil lesehan dan jajan dari pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar.

Ada pula odong-odong penuh lampu yang berwarna-warni dan meriah, yang biasa dijajal pengunjung untuk berkeliling.

Pilihan tempat wisata malam Yogyakarta lainnya adalah Taman Pelangi Jogja.

Lokasinya ada di kawasan Monumen Yogya Kembali atau Monjali, tepatnya di Jalan Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Pada Senin sampai Kamis, taman ini buka hingga pukul 22.00, sementara pada Jumat hingga Minggu hingga pukul 23.00.

Dikutip dari Kompas.com (15/03/2021), di Taman Pelangi Jogja, pengunjung bisa menikmati berbagai instalasi cahaya dalam berbagai bentuk, seperti bunga-bunga, payung gantung, dinosaurus, patung lumba-lumba, dan lainnya.

Ada pula atraksi cahaya menyerupai gunung yang dikelilingi pohon berhias lampu merah muda menyerupai sakura.

Sudut lainnya adalah terowongan yang berlokasi dengan lampu bunga warna-warni. 

Pada malam hari, berada di area yang bermandikan cahaya beratapkan langit gelap memberikan tampilan yang menarik dan tentunya, romantis.

Tiket masuknya dibanderol Rp 15.000 untuk Senin hingga Kamis dan Rp 20.000 untuk Jumat hingga Minggu, serta libur nasional.

Menikmati suasana malam di Yogyakarta juga bisa dinikmati dengan mengunjungi Puncak Sosok di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Dikutip dari Kompas.com, (22/02/2019), beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sana seperti berfoto di spot Instagramable, kulineran, hingga menikmati sajian musik akustik. 

Mampir ke destinasi ini bisa jadi pilihan wisata malam Yogyakarta yang romantis dan murah meriah.

Sebab, menurut Instagram resminya, per 1 September 2022, tiket masuk ke Puncak Sosok hanya Rp 3.000 per orang. Jika datang membawa kendaraan, tarifnya Rp 2.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk minibus.

Pada malam hari, Bukit Bintang menyuguhkan pemandangan kota yang mengagumkan dengan lampu-lampunya yang bersinar.

Lokasi tempat ini ada di Jalan Raya Yogyakarta-Wonosari KM15, Bukit Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa kulineran sebab ada sejumlah tempat makan yang ada di sekitar lokasi.

Namun, karena berada di ketinggian dan angin pada malam hari cukup kencang, pastikan kamu menggunakan pakaian tebal atau membawa jaket.

Bukit Bintang buka 24 jam, sehingga pengunjung bisa datang pada jam berapa saja.

Pengunjung memang harus membayar tiket masuk seharga Rp 20.000 untuk dapat menikmati keindahan pemandangan dan spot menarik di HeHa Sky View.

Jika ingin menjajal spot swafoto yang tersedia, pengunjung harus membayar biaya tambahan.

Namun, tarif tersebut rasanya cukup murah, mengingat destinasi ini menyuguhkan banyak atraksi menarik untuk dicoba.

Beberapa antaranya area taman, teras kaca, pesawat, hingga duduk di bean bag sambil menikmati suasana.

Jika ingin makan romantis bersama pasangan, restoran di HeHa Sky View juga menyediakan outdoor spot yang memungkinkan pengunjung makan sambil menyaksikan langsung pemandangan kota dari ketinggian.

HeHa Sky View buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00 untuk Senin hingga Jumat. Sementara pada Sabtu, Minggu, dan hari libur buka mulai pukul 08.00 hingga 21.00.

Lokasinya ada di Jalan Dlingo-Patuk No.2, Bukit, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

HeHa Ocean View juga bisa menjadi pilihan wisata malam Yogyakarta yang romantis. Jika datang sejak sore hari, kamu juga berkesempatan menyaksikan momen matahari terbenam alias sunset.

Sebab, destinasi ini berlokasi sangat dekat dengan laut, sehingga kamu bisa menikmati pemandangannya dari ketinggian.

Selain menikmati pemandangan laut, pengunjung juga bisa berfoto di spot Instagramable dan kulineran.

HeHa Ocean View berlokasi di Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Destinasi ini buka setiap hari hingga pukul 21.00. Pada Senin hingga Jumat, HeHa Ocean View buka pukul 09.00, sementara pada Sabtu, Minggu, dan hari libur buka pukul 08.00.

Harga tiket masuknya Rp 20.000 untuk anak usia dua tahun ke atas.

Obelix Hills berada di Klumprit, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Destinasi ini bisa menjadi pilihan jika kamu mencari tempat wisata malam Yogyakarta yang romantis.

Dikutip dari Kompas.com (26/08/2022), pengunjung akan langsung disapa oleh beragam tempat makan bernuansa modern dan penuh warna, ketika memasuki Obelix Hills.

Jika datang sejak sore hari, kamu juga berkesempatan menyaksikan momen matahari tenggelam dari pinggir tebing.

Salah satu spot paling populer adalah pelataran kayu yang dilengkapi bean bag warna-warni, cocok sebagai tempat untuk menyaksikan sunset atau bersantai pada malam hari.

Harga tiket Obelix Hills untuk Senin sampai Jumat pukul 10.00-15.00 dibanderol Rp 15.000.

Namun, jika datang setelah pukul 15.00 hingga 21.00 tiket masuknya Rp 20.000. Harga tiket yang sama diberlakukan untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

De Mangol menyuguhkan panorama Gunung Merapi dari kejauhan yang bisa dinikmati sambil piknik, kulineran, atau berfoto di spot Instagramable, seperti dikutip dari Kompas.com (26/12/2020).

Lokasinya ada di Jalan Raya Patuk KM1,4, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Destinasi ini jugs memiliki taman yang dibentuk menjadi labirin untuk dijajal oleh pengunjung yang gemar aktivitas petualangan.

Terdapat pula area makan outdoor yang Instagenic, membuat pengunjung seolah makan di dalam sangkar.

Penikmat sunset bisa datang sejak sore hari, sehingga tak melewatkan momen eksotis tersebut.

Menurut Instagram resminya, harga tiket De Mangol dibanderol Rp 20.000 untuk setiap hari, bagi pengunjung berusia dua tahun ke atas.

Tiket dapat dibeli mulai pukul 10.00-21.00 setiap harinya. Namun, restoran baru akan buka pukul 11.00.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/20/150500527/9-wisata-malam-yogyakarta-yang-romantis-dan-murah-meriah

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.