Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pantai Widodaren Gunungkidul, Tawarkan Panorama Bukit dan Pasir Putih

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jika ingin menyendiri sambil menikmati suasana alam, maka Pantai Widodaren di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), jadi salah satu tempat yang cocok dikunjungi. 

Dikenal sebagai lokasi perpaduan perbukitan asri dan pasir putih, Pantai Widodaren terletak di Kalurahan Kanigoro, Saptosari.

Pantai Widodaren berjarak sekitar lima kilometer di sisi timur Pantai Ngobaran, namun jalan menuju Pantai Widodaren dari Pantai Ngobaran belum sepenuhnya bagus. Masih ada jalan bebatuan yang panjangnya sekitar dua kilometer.

Adapun suasana yang ditawarkan Pantai Widodaren cukup sejuk karena masih banyak pohon pandan, ditambah pohon kelapa yang mulai ditanami. Pengunjung bisa menikmati suasana dan panorama Samudra Hindia dari atas tebing.

  • 5 Tempat Nikmati Sunset di Gunungkidul, Ada Pantai Wediombo
  • 5 Tempat Melihat Sunrise di Gunungkidul Yogyakarta

"(Pengunjung) belum sebanyak di kawasan Pantai Ngobaran, tapi setiap harinya ada pengunjung yang datang untuk sekadar bersantai di gazebo atau bermain air di pantai," kata Lurah Kanigoro, Suroso, saat dihubungi wartawan melalui telepon, Selasa (20/9/2022).

Suroso mengaku tidak mengetahui asal usul nama Widodaren karena sudah ada sejak lama.

Salah seorang pedagang, Gemi, mengatakan, banyak wisatawan mengunjungi Pantai Widodaren untuk berkemah pada malam hari saat akhir pekan.

Bahkan, setiap akhir pekan ada ratusan orang yang berkemah di lokasi.

"Tebing juga aman karena tidak tinggi datarannya luas," kata dia.

  • Rute ke Taman Bunga Amarilis Gunungkidul, Searah ke Pantai
  • Embung Batara Sriten Gunungkidul Bakal Tambah Fasilitas Wisata

Menurut salah seorang pengunjung asal Sukoharjo bernama Kurnia, tidak sulit menemukan Pantai Widodaren karena sudah banyak papan petunjuk yang dipasang oleh masyarakat.

"Mudah kok, kalau ke sana enak masih sepi. Kalau mau beli ikan, tinggal ke Pantai Ngrenehan," ujar Kurnia.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/20/181220227/pantai-widodaren-gunungkidul-tawarkan-panorama-bukit-dan-pasir-putih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke