Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wolobobo Ngada Festival Diharapkan Masuk Kharisma Event Nusantara 2023

BAJAWA, KOMPAS.com - Wolobobo Ngada Festival, Nusa Tenggara Timur (NTT), diharapkan masuk daftar Kharisma Event Nusantara 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Edy Wardoyo, mengatakan pihaknya bangga karena festival ini menampilkan beragam atraksi. 

  • Wolobobo Culture Camp Jadi Upaya Promosi Wisata Alam di Ngada NTT
  • Wolobobo Ngada Festival, Tawarkan Sport Tourism Berbasis Alam dan Budaya

"Kami berharap apa yang sudah dicapai pada tahun ini dapat dipertahankan dan masuk dalam Kharisma Event Nusantara berikutnya. Tidak hanya masuk dalam daftar 100 besar tetapi masuk dalam 10 event utama," kata Edy di Lapangan Kartini Bajawa, Senin (19/9/2022).

Adapun Wolobobo Ngada Festival 2022 telah masuk dalam 100 Kharisma Event Nusantara.

Dilansir dari Antara, Selasa (20/9/2022), Kharisma Event Nusantara merupakan wadah beragam event atau acara berkualitas dari seluruh Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina menyampaikan, pihaknya mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya festival ini.

"Kehadiran kami dari Kemenparekraf dalam hal ini melalui BPOLBF adalah untuk mendorong produk pariwisata yang ada di Kabupaten Ngada agar bisa dikenal lebih luas lagi, tidak hanya untuk konsumsi lokal dan nasional saja tetapi juga internasional," kata Shana.

Ia berharap acara tersebut bisa menjadi karakter dan keunikan Kabupaten Ngada ke depannya.

  • Wolobobo Ngada Festival, Tawarkan Sport Tourism Berbasis Alam dan Budaya
  • Mengenal Keunggulan Bambu Ngada, Tema Utama Festival Wolobobo 2022

Lebih dari promosi wisata alam dan budaya

Bupati Ngada, Andreas Paru, menegaskan, Wolobobo Ngada Festival tidak hanya mempromosikan potensi wisata alam dan budaya, tetapi juga menjadi momen kebangkitan perekonomian masyarakat setempat.

"Untuk membangkitkan perekonomian masyarakat, menghidupkan usaha mikro kecil dan menengah, dan membangkitkan ruang kreativitas bagi para pegiat seni dan budaya pasca-pandemi ini, maka pemerintah telah melakukan berbagai upaya di antaranya melalui pelaksanaan Wolobobo Ngada Festival 2022 ini," terangnya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan Wolobobo Ngada Festival 2022 sebagai ajang mempromosikan semua potensi yang ada di Ngada.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/20/211536427/wolobobo-ngada-festival-diharapkan-masuk-kharisma-event-nusantara-2023

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke