Salin Artikel

7 Tempat Wisata Keluarga di Tabanan Bali, Mampir Kebun Bunga

KOMPAS.com - Menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Tabanan bisa menjadi alternatif yang menarik, termasuk jika pergi bersama keluarga.

Jika pergi ke Bali naik pesawat, Kabupaten Tabanan tak begitu jauh dari Bandara I Gusti Ngurah Rai jika ditempuh menggunakan kendaraan. Jaraknya sekitar 30 kilometer, tergantung lokasi wisata yang dituju. Untuk mencapainya hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam.

Sementara jika pergi naik mobil, misalnya berangkat dari Pulau Jawa kemudian menyebrang lewat Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk, beberapa area di Tabanan juga relatif mudah diakses karena berada di kawasan Bali Barat.

Bagi kamu yang pergi liburan bersama keluarga, berikut beberapa pilihan tempat wisata keluarga di Tabanan Bali yang dapat dikunjungi.

Kebun binatang sering kali dijadikan destinasi edukasi seputar satwa, termasuk satwa-satwa liar dan langka yang mungkin tak pernah kita temui pada kehidupan sehari-hari.

Tasta Zoo adalah kebun binatang dan area konservasi yang berlokasi di Br Tegeh, Angseri, Kecamatan Baturiti, Tabanan.

Tak hanya berkeliling melihat koleksi satwanya, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan sejumlah satwa, serta berfoto ria dengan latar patung-patung satwa dan Instagramable spot lainnya.

Harga tiket masuk Tasta Zoo bagi wisatawan domestik adalah Rp 60.000 pada hari biasa dan Rp 70.000 pada akhir pekan.

Sementara bagi wisatawan mancanegara, harga tiket masuknya Rp 120.000 pada hari biasa dan Rp 200.000 pada akhir pekan.

Tasta Zoo buka pukul 09.00-17.00, dengan waktu check in terakhir pukul 16.30.

Jika mencari wisata alam, Tabanan memiliki banyak destinasi yang dapat dikunjungi.

Salah satu destinasi alam yang cocok dikunjungi bersama keluarga adalah Kebun Raya Bali.

Lokasinya ada di Jalan Kebun Raya, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Dikutip dari Kompas.com (01/09/2022), koleksi tanaman bisa kamu lihat dengan mengunjungi area seperti Taman Rhododendron, Taman Anggrek, Rumah Kaca Kaktus, Taman Aquatik, dan lainnya.

Tak hanya berkeliling melihat koleksi tanaman, pengunjung juga bisa santai di rerumputan sambil melihat pemandangan danau dan perbukitan di sekitar, atau bahkan menyewa spot piknik dan barbeque agar kebersamaan semakin terasa.

Jika lelah berjalan kaki untuk mengelilingi area kebun, kamu bisa memilih naik shuttle bus, sepeda, atau bahkan skuter.

Mengetahui proses pengolahan coklat, mulai dari penanaman, pengolahan di pabrik, hingga menyantapnya atau membawa pulang produk coklat menjadi aktivitas menarik yang bisa dijajal bersama keluarga.

Jika penasaran, kamu dan keluarga bisa mampir ke Desa Coklat Bali.

Lokasinya berada di Jalan Raya Marga-Apuan, Km 7, Desa Cau, Kabupaten Tabanan.

"Ini adalah agro-eduwisata, di mana kita juga belajar antara coklat dan Bali. Untuk coklatnya, kami mengenalkan tentang proses kakao menjadi coklat, baik dari proses awal -kami sebutnya bibit, sampai dikonsumsi," kata CEO CAU Chocolate Bali, Kadek Surya Prasetya Wiguna kepada Kompas.com, Jumat (26/08/2022).

Setelah lelah berkeliling, pengunjung bisa santai di restorannya dan mencicipi berbagai menu, termasuk menu berbahan dasar coklat.

Beberapa menu berbahan dasar coklat yang jadi favorit antara lain Raw Cacao Ice Cream, Fruity Cacao Pizza, dan beragam menu minuman coklat.

Mampir ke taman rekreasi seluas 4,5 hektar, yakni The Blooms Garden, juga bisa dimasukkan ke dalam daftar wisata keluarga di Tabanan yang menarik untuk dikunjungi.

Dikutip dari Kompas.com (04/09/2022), destinasi ini memiliki beberapa area taman bunga yang menonjolkan ciri khas masing-masing. Taman-taman tersebut di antaranya Taman Belanda, Taman Cinta, Taman Dewi Danu, Taman Oval, dan lainnya.

Di Taman Belanda, misalnya, penunjung bisa menemukan ornamen dua kincir yang merupakan ikon negara Belanda. Selain mengeksplorasi taman bunga, ada pula aktivitas lain seperti naik ATV, main di playground anak, kulineran di restoran, dan lainnya.

The Blooms Garden berlokasi di Desa Batusea, Kecamatan Baturiti, Tabanan.

Harga tiket masuknya Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak usia 5-12 tahun.

Destinasi wisata keluarga di Tabanan lainnya adalah Taman Kupu-kupu, yang berlokasi di Jalan Batukaru, Desa Sesandan, Kecamatan Penebel, Tabanan.

Dikutip dari Kompas.com, (20/09/2022), meski dinamai "kupu-kupu", namun destinasi yang berdiri sejak 1996 silam ini tak hanya menghadirkan beragam jenis kupu-kupu. Dikutip dari Tribun Bali, Taman Kupu-kupu turut menghadirkan serangga lain, seperti belalang kayu, kumbang tanduk, hingga tarantula.

Untuk menuju ke destinasi ini, pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari bandara atau 40 kilometer.

Sila's Arotourism adalah destinasi lainnya di Tabanan yang dapat dikunjungi bersama keluarga.

Selain memyediakan area rekreasi, tempat ini juga menjadi tempat pendidikan, sekaligus program pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdiri di atas lahan seluas 10 hektar.

Dikutip dari Kompas.com, beberapa aktivitas luar ruang yang bisa dijajal antara lain berkemah, outbound, flying fox, ATV, mini trail, berkuda, paintball, trekking, bersepeda, dan lainnya.

Jika sekadar ingin bersantai sambil menikmati udara sejuk dan panorama danau serta perbukitan yang menakjubkan, kamu juga bisa duduk di coffee shop yang tersedia sambil memesan menu yang ada di sana.

Untuk tamu yang ingin bermalam bisa coba menginap di Hobbiton dengan harga mulai dari Rp 200.000 per orang per malam, sudah termasuk tempat tidur, sleeping bag, perlengkapan mandi, sarapan, serta perapian.

Liburan ke Bali, rasanya kurang sah jika tidak mampir ke pantai. 

Tabanan memiliki beberapa pantai yang bisa dikunjungi, dengan karakteristik dan keunikannya masing-masing.

Salah satu pantai populer di Tabanan adalah Tanah Lot atau Pura Tanah Lot, kemudian ada pula Pantai Kedungu, Pantai Soan Galuh, Pantai Kelecung, Pantai Kelating, dan lainnya.

Jika mencari pantai yang dapat dijadikan tempat wisata keluarga, Pantai Pasut bisa jadi pilihan.

Ombak di pantai ini relatif tidak tinggi, sehingga cukup aman untuk dijadikan tempat berenang atau snorkeling.

Selain untuk berenang atau snorkeling, pengunjung pantai berpasir hitam lembut ini bisa bersantai sambil berjemur, bermain pasir, berolahraga, atau berburu foto.

Lokasi Pantai Pasut ada di Jalan Raya Pasut, Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/21/135509427/7-tempat-wisata-keluarga-di-tabanan-bali-mampir-kebun-bunga

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.