Salin Artikel

4 Tips Check-in Online untuk Naik Pesawat, Perhatikan Waktu

KOMPAS.com - Check-in online (daring) merupakan salah satu metode check-in untuk pelaku perjalanan yang hendak naik pesawat. Metode ini bisa dilakukan melalui situs web atau aplikasi maskapai penerbangan.

Check-in online kerap dinilai dapat menghemat waktu lantaran calon pelaku perjalanan bisa menghindari antrean setibanya di bandara, apalagi jika hanya membawa bagasi kabin. 

Berikut sejumlah tips terkait check-in online yang wajib diketahui, menurut rangkuman Kompas.com, Rabu (21/9/2022):

Secara garis besar, proses check-in online setiap maskapai penerbangan hampir sama. Pelaku perjalanan wajib memasukkan kode booking dan nama belakang terlebih dahulu, agar dapat memperoleh e-boarding pass yang akan ditunjukkan ke petugas di bandara. 

Namun, dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (11/2/2022), salah satu pembeda antara maskapai yang satu dengan lainnya adalah periode check-in. Selain itu ada pula ketentuan soal barang-barang apa saja yang boleh dibawa. 

Oleh sebab itu, penting bagi calon pelaku perjalanan untuk memahami syarat check-in online agar bisa naik pesawat.

Dilansir dari smartertravel.com, walau check-in online dianggap memudahkan, namun metode ini tidak berlaku bagi semua calon pelaku perjalanan.

Maskapai penerbangan Lion Air, contohnya, menerapkan syarat soal siapa saja yang bisa melakukan check-in online melalui aplikasi.

Metode ini, dikutip dari Kompas.com, Selasa (20/9/2022), tidak berlaku bagi:

  • Pelaku perjalanan dengan jumlah penumpang lebih dari 10 orang dalam satu tiket (group booking).
  • Pelaku perjalanan yang membutuhkan bantuan khusus di bandara, misalnya:
    • Penumpang dalam kondisi hamil.
    • Unaccompanied Minor (UM) atau anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendirian. 
    • Penumpang yang membutuhkan kursi roda, stretcher case, atau penanganan khusus lainnya. 
  • Pelaku perjalanan dengan penerbangan lanjutan beda maskapai, contohnya penerbangan Batik Air dilanjutkan Lion Air, Wings Air, atau maskapai lainnya. 
  • Bayi berusia di bawah dua tahun yang tidak menempati tempat duduk.

Sementara itu, maskapai Citilink menerapkan web check-in dan mobile check-in hanya untuk penerbangan rute domestik. 

Setiap maskapai penerbangan memberlakukan periode check-in online yang berbeda.

Calon penumpang pesawat Garuda Indonesia, salah satunya, diimbau untuk check-in online melalui situs web dan aplikasi dalam kurun waktu 48-2 jam sebelum keberangkatan, dikutip dari laman resminya.

Lain halnya dengan penumpang maskapai Batik Air yang ingin check-in melalui aplikasi mobile. Metode ini dapat dilakukan 2-6 jam sebelum keberangkatan. 

Sementara itu, web check-in maskapai Citilink dibuka mulai 100 hari-30 menit sebelum keberangkatan, dilansir dari laman resminya.

Namun, jika keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Banten, maka batas maksimal web check-in adalah hingga 45 menit sebelum keberangkatan. 

Selain periode check-in online, calon pelaku perjalanan juga wajib memperhatikan kapan mereka sebaiknya sudah ada di ruang tunggu sebelum keberangkatan. 

Bila sudah check-in online melalui aplikasi mobile Lion Air dan Batik Air, misalnya, calon penumpang pesawat sudah berada di ruang tunggu 40 menit sebelum keberangkatan. 

Sama halnya dengan maskapai Citilink yang mewajibkan calon pelaku perjalanan, yang sudah melakukan web check-in, untuk berada di ruang tunggu 40 menit sebelum keberangkatan. 

Harap diingat bahwa ada maskapai yang mewajibkan calon pelaku perjalanan dengan bagasi tercatat untuk melapor terlebih dahulu ke petugas di konter check-in bandara, meski mereka sudah melakukan check-in online.

Maka, calon pelaku perjalanan diimbau untuk memperhitungkan estimasi waktu mereka tiba di bandara agar tidak ketinggalan pesawat.

Salah satu fasilitas check-in online adalah pemilihan kursi pesawat. Umumnya pilihan ini akan tersedia sebelum calon penumpang perjalanan menyelesaikan proses check-in online mereka.

Calon pelaku perjalanan diimbau memilih kursi yang tepat sesuai kebutuhan mereka. 

Dilaporkan Kompas.com, Minggu (24/7/2022), kursi di jendela dan di dekat toilet bisa untuk penumpang yang membawa anak, sehingga diharapkan si buah hati tidak rewel.

Selain itu, kursi di dekat sekat juga dinilai memiliki leg room (ruangan untuk kaki) yang lebih luas. Letaknya di sisi perbatasan dengan kelas bisnis, dikutip dari Kompas.com, Kamis (12/8/2021).

https://travel.kompas.com/read/2022/09/21/161728127/4-tips-check-in-online-untuk-naik-pesawat-perhatikan-waktu

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.