Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Tempat Wisata Pantai di Aceh, Air Lautnya Biru Jernih

KOMPAS.com - Pesona Serambi Mekkah tak hanya dari sisi wisata religi saja, tetapi juga keindahan alamnya. Berada di ujung Pulau Sumatera membuat sejumlah destinasi wisata pantai di Aceh menarik untuk dikunjungi.

Jika tertarik mampir sejenak mengagumi keindahan pantai dan menikmati suasana tenang di sana, Kompas.com menyusun sejumlah pantai di Aceh yang bisa kamu kunjungi.

Dikutip dari Kompas.com (25/06/2022), Pantai Lancok adalah destinasi yang sudah melegenda, termasuk dengan sajian mi kepiting yang dikelola oleh pemilik lokasi wisata bernama Muhammad Yusuf atau akrab disapa Apa Noh.

Pantai ini berlokasi di Desa Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara.

Menurut Direktori Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, salah satu daya tarik utama Pantai Lancok adalah pemandangan matahari tenggelamnya yang eksotis dan memesona.

Sayangnya, jalan menuju destinasi ini masih memiliki banyak lubang sehingga para pengunjung berharap bisa diperbaiki untuk menambah kenyamanan.

Pantai Lhok Mee memiliki pasir putih yang indah dan tampak serasi dengan gradasi biru kehijauan pada lautnya. Lokasinya ada di Desa Lamreh, Masjid Raya, Aceh Besar. Obyek wisata ini berjarak sekitar 35 kilometer (km) dari Banda Aceh.

Pihak pengelola pantai menyediakan beragam fasilitas dan atraksi untuk pengunjung, termasuk jembatan apung dan net voli. Tersedia sejumlah warung penjual makanan dan minuman yang bisa dijumpai di tempat ini. 

Pantai Ujong Kareng merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Kota Sabang, tepatnya di Ujong Kareung, Sukajaya.

Tempat wisata ini menawarkan hamparan pasir putih dengan batuan karang di sepanjang bibir pantai. Pengunjung juga bisa memancing ikan di pantai ini.

Dikutip dari Tribunnews Wiki, ombak di pantai ini tidak terlalu besar, sehingga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berenang, memancing, atau sekadar bermain air.

Keindahan alam kawasan pantainya juga membuat Pantai Ujong Kareung menarik dijadikan destinasi snorkeling.

Pantai Ulee Rubek yang berlokasi di Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara kini disulap menjadi lebih modern dan tampak cantik.

Selain keseruan aktivitas air, pohon-pohon pinus yang berjajar di area pantainya juga menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini, seperti dikutip dari Kompas.com (01/02/2022).

Di bawah pohon-pohon tersebut dijajar meja untuk pengunjung bersantai dan menikmati hidangan kafe.

Pengunjung juga bisa membawa bekal sendiri dari rumah dan menyantapnya di sana.

Ada pula sejumlah wahana permainan anak yang bisa disewa per jam dengan biaya sekitar Rp 25.000-Rp 60.000 per jam.

Wisata pantai di Aceh lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Anoi Itam, salah satu pantai yang ada di Pulau Weh.

Dikutip dari situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, pasirnya yang berwarna hitam menjadi keunikan pantai ini karena berbeda dari pantai-pantai lain di sekitarnya.

Adapun Anoi adalah nama sebuah desa di pantai itu dan "Itam" artinya hitam, yang merujuk pada pasir di kawasan tersebut yang berwarna hitam sepenuhnya.

Pantai Ujong Blang hanya berjarak sekitar 5 menit dari pusat Kota Lhoksumawe. Dikutip dari Kompas.com (25/08/2018), jaraknya yang cukup dekat dengan kota membuat pantai ini mudah dikunjungi dan kerap dijadikan destinasi liburan akhir pekan oleh warga sekitar.

Salah satu daya tariknya adalah panorama matahari terbenam dan banyaknya spot untuk bersantai di sepanjang bibir pantai.

Pengunjung juga bisa menjajal aktivitas air, seperti naoik banana boat untuk keliling area laut.

Jika ingin kulineran, cobalah memesan makanan khas lokal, seperti rujak Aceh atau mi Aceh.

Keindahan Pantai Lampuuk bahkan pernah diabadikan lewat karya lukisan oleh Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Dikutip dari Kompas.com (04/10/2021), SBY memuji keindahan pantai yang didedikasikannya sebagai bentuk menjaga perdamaian Aceh, yang telah berlangsung sejak 2015.

Dikutip dari situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Pantai Lampuuk adalah salah satu pantai berpasir putih di Aceh dan di sekelilingnya banyak ditumbuhi berbagai pohon cemara. 

Air lautnya begitu jernih, sehingga pengunjung bisa melihat secara jelas berbagai jenis karang dan ikan yang berlalu-lalang di sekitarnya.

Pantai ini berjarak 17 kilometer ke arah selatan, di pinggiran Kota Banda Aceh dan dapat ditempuh baik dengan kenderaan roda dua maupun roda empat.

Pantai Gapang terletak di Kota Sabang, Pulau Weh dan menjadi salah satu wisata pantai di Aceh yang sayang untuk dilewatkan.

Dikutip dari situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, menyelam dan snorkeling menjadi aktivitas wisata utama para pengunjung.

Jika sekadar ingin menikmati keindahannya, kita juga bisa duduk di pinggir pantai sambil menikmati embusan angin hangat serta suara deburan ombak yang menenangkan.

Tak perlu takut kesulitan cari makanan, sebab ada berbagai pilihan tempat makan di Pantai Gapang.

Pengunjung juga bisa cuci mata dan membeli suvenir menarik di kawasan pantai, seperti kaos dan suvenir yang terbuat dari batok kelapa asli karya masyarakat desa setempat.

Pantai Jagu (Jawa-Hagu) juga bisa menjadi pilihan wisata pantai di Aceh yang mudah diakses. 

Dikutip dari Kompas.com (08/02/2022), pantai ini terletak di jantung Kota Lhoksumawe, karena itu kerap dijadikan destinasi singgah sejenak maupun liburan akhir pekan oleh warga setempat.

Jalan Iskandar Muda No.19, Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Lhoksumawe.

Pantai yang dibangun lewat program Kotaku dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini dibuat untuk membantu mengentaskan kawasan kumuh dan menyulapnya sebagai destinasi wisata.

Pengunjung tak perlu ragu kesulitan mencari makanan karena di sekitar area pantai banyak terdapat tempat berjualan makanan.

Jika mencari tempat wisata pantai di Aceh, jangan lupa memasukkan pulau ini ke dalam daftar.

Pulau Keluang berhadapan langsung dengan Gunung Gurute, Kecamatan Jaya, sekitar 78 km dari Banda Aceh ke Lamno.

Dikutip dari Kompas.com (19/09/2020), pasir putih dan air biru menjadi daya tarik utama pantai ini.

Untuk mencapainya, pengunjung perlu menyewa kapal nelayan milik warga sekitar.

Tak hanya menikmati pemandangan alamnya yang memukai, pengunjung juga bisa bermalam di rumah kayu warga sekitar yang tersedia di sana.

Pulau Palambak sangat cocok jika disebut hidden gem alias keindahan yang tersembunyi. Sebab, lokasinya memang berada di pelosok Aceh Singkil dan agak sulit diakses. Perjalanan menuju Aceh Singkil butuh waktu sekitar sembilan hingga 10 jam dari Bandara Sultan Iskandar Muda. Itu pun, masih harus dilanjutkan dengan perjalanan menyebrang menggunakan kapal feri.

Dikutip dari Aceh Tourism yang dikelola oleh Kemenparekraf, pesona air lautnya yang jernih menjadi daya tarik utama pulau yang berada di perairan kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil.

Untuk menikmati pantai ini, pengunjung bisa berjalan kaki mengitari area pulau sembari menemukan titik-titik menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut, seperti hamparan kebun kelapa dan hamparan pasir putihnya.

Pulau Palambak yang cenderung terpencil ini sangat cocok bagi kamu yang ingin beristirahat sejenak dari rutinitas harian dan mencari tempat yang tenang.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/22/130235027/11-tempat-wisata-pantai-di-aceh-air-lautnya-biru-jernih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke