Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga BBM Naik Bikin Pengunjung Kawah Putih Turun

KOMPAS.com - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu berimbas pada banyak sektor, termasuk pariwisata. 

Bagi ikon Kabupaten Bandung, Kawah Putih, kenaikan harga BBM ternyata menyebabkan penurunan kunjungan wisatawan, seperti dikutip dari Tribun Jabar.

"Kalau melihat tren kunjungan, minggu-minggu ini ada penurunan jika dibandingkan sebelum adanya kenaikan harga BBM," ujar Pengelola Kawah Putih, Dudung saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (25/09/2022), seperti dikutip Tribun Jabar.

Ia memperkirakan, penurunan pengunjung Kawah Putih mencapai sekitar 20-30 persen, baik pada hari biasa maupun akhir pekan.

Namun, Dudung belum bisa memastikan angkanya secara rinci lantaran evaluasi angka kunjungan baru dilakukan pada akhir bulan.

"Weekday (hari biasa) biasanya 400 sampai 500 orang pengunjung, kalau weekend (akhir pekan) bisa sampai 1.200 (pengunjung). Itu saat sebelum kenaikan BBM," ungkapnya.

Menurutnya, angka kunjungan sempat menunjukkan tren peningkatan setelah kasus Covid-19 melandai.

Dudung berharap, ke depannya para pemangku kebijakan bisa lebih bijaksana dalam mengeluarkan kebijakan agar bisa lebih diterima oleh masyarakat.

"Sehingga tetap kunjungan wisata tak terganggu. Sebab selain pegawai, kami juga melibatkan masyarakat," tuturnya.

Dudung menyebut, selain pegawai tempat wisata, banyak pihak lain terdampak oleh kebijakan ini. Di Kawah Putih, misalnya, masyarakat yang menjajakan makanan dan minuman serta suvenir di sekitar, hingga penyedia jasa transportasi di tempat wisata juga ikut terdampak.

"Masyarakat yang terlibat di sini, baik pengendara ontang anting, pedagang makanan, minuman, suvenir ikut terdampak karena mereka usahanya dari pengunjung yang datang ke lokasi kami," ucapnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/25/211000627/harga-bbm-naik-bikin-pengunjung-kawah-putih-turun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke