Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Delegasi TWG G20 Nikmati Seni Budaya Bali di Atas Kapal Phinisi..

KOMPAS.com - Sejumlah delegasi pertemuan The 2nd Tourism Working Group (TWG) menikmati pertunjukan seni budaya Bali di atas kapal phinisi Sea Safari Cruise yang berlayar di Pelabuhan Benoa, Bali.

Untuk diketahui, TWG meripakan salah satu kelompok kerja dari Presidensi G20 Indonesia.

Pertunjukan seni di atas kapal phinisi itu adalah bagian dari welcoming sunset dinner alias makan malam selamat datang, yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai pelaksana The 2nd Tourism Working Group.

Para delegasi berangkat dari Pelabuhan Tanjung Benoa dan berlayar di sekitar perairan Laut Benoa, Jumat (23/09/2022), selama kurang lebih satu jam.

Selama berlayar, para delegasi disuguhi ragam seni budaya Bali salah satunya Tari Sekar Jagat, yang menggambarkan suatu kedamaian di alam semesta sekaligus representasi kegembiraan dalam menyambut para tamu yang hadir.

Suguhan acara itu diharapkan meninggalkan kesan baik di hati para peserta, sehingga menjadi sarana promosi pariwisata dan ekonomi kreatif yang efektif.

"Mereka nantinya dapat bercerita lebih jauh tentang betapa indah dan menariknya alam dan budaya Bali," kata Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Frans Teguh dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pun berharap, para delegasi dapat menikmati keindahan alam dan budaya yang ada di Bali, meski dalam kesempatan yang terbilang cukup singkat.

"Saya berharap, selain menjadi delegasi dalam pertemuan G20, juga dapat meluangkan waktu untuk menjadi turis di Bali, dan menikmati semua keajaiban yang ditawarkan Bali," ujar Sandiaga.

Sedangkan terkait TWG, Menparekraf meminta para delegasi agar menuntaskan last mile dari pertemuan Tourism Working Group pada KTT G20 dan mencapai kesepakatan tentang beberapa isu yang tersisa, sehingga dapat memfinalisasikan Bali Guideline.

Adapun pada kesempatan tersebut, para delegasi tak sekadar menikmati waktu singkat menjadi turis Bali, tetapi juga telah mendiskusikan sejumlah hal dalam upaya mendorong pemulihan pariwisata serta membuat pariwisata lebih inklusif dan tangguh.

G20 Bali Guideline nantinya akan disepakati oleh para menteri pada Tourism Ministerial Meeting (TMM) yang menjadi rangkaian akhir dari pelaksanaan TWG. TMM dijadwalkan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 26 September 2022 dan akan dihadiri kurang lebih 127 delegasi.

Pada TWG ini terdapat lima fokus utama yang menjadi "line of action". Pertama, mencakup isu human capital berkenaan dengan pekerjaan, skill, entrepreneurship, dan edukasi.

Kedua yakni inovasi, digitalisasi, dan ekonomi kreatif. Fokus pembahasannya adalah penguatan digitalisasi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Adapun line of action ketiga yaitu women and youth empowerment, berfokus pada kesetaraan gender yang lebih baik dalam hal kompensasi dan representasi perempuan dalam peran kepemimpinan, serta menekankan pentingnya program pelatihan untuk mendukung pengusaha muda di bidang pariwisata.

Kemudian line of action terakhir yaitu kerangka kebijakan, tata kelola, dan investasi, untuk menekankan pentingnya kolaborasi guna memastikan investasi dalam pariwisata adalah investasi inklusif yang bermanfaat bagi masyarakat.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/26/060500027/saat-delegasi-twg-g20-nikmati-seni-budaya-bali-di-atas-kapal-phinisi-

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+