Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seharian di Blok M, Main ke Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

KOMPAS.com - Kawasan Blok M di Jakarta Selatan dikenal sebagai salah satu kompleks pusat hiburan dan perbelanjaan sibuk di Ibu Kota.

Area yang strategis ini sejak lama dihuni oleh bangunan-bangunan komersial, aneka kuliner, galeri seni, hingga tempat rekreasi berupa taman.

  • 7 Pilihan Kafe Dekat MRT Blok M, Bisa Jalan Kaki
  • Asyiknya Membaca di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Jakarta yang Baru Direvitalisasi
  • Area dan Fasilitas Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Blok M

Sehingga tidak hanya belanja, berjalan-jalan selama satu hari di kawasan Blok M juga bisa mendapatkan banyak hal seperti kuliner dan spot instagramable.

Apalagi, area ini memiliki tempat-tempat menarik yang berdekatan satu sama lain, sehingga sangat mudah dijangkau dengan berjalan kaki.

Itinerary satu hari di kawasan Blok M

Jika ingin menghabiskan waktu di Blok M dan sekitarnya, berikut ide rencana perjalanan (itinerary) satu hari di kawasan Jakarta Selatan tersebut.

Olahraga di Taman Langsat

Mulai dari pagi hari, kamu bisa menuju Taman Langsat yang berada di Jalan Barito, Kelurahan Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Taman Langsat dipenuhi pepohonan hijau yang membuat suasana menjadi sejuk dan nyaman. Taman seluas 3,6 hektar ini juga memiliki berbagai fasilitas rekreasi.

Salah satunya lahan berumput di bawah pepohonan rindang yang sering dijadikan sebagai lokasi piknik.

Banyak pengunjung yang menggelar tikar mereka, mayoritas di sekitar danau yang penuh dengan teratai. Area tersebut juga sangat ciamik untuk dijadikan tempat berfoto.

Kemudian, ada area bermain untuk anak-anak yang diisi oleh wahana permainan seperti salah satunya ayunan.

Taman Kota ini juga sering difungsikan sebagai area berolahraga. Sebab, ada fasilitas berupa jalur lari sepanjang 750 meter yang mengelilingi taman. Jalur ini cocok untuk lari-lari kecil karena dipenuhi pepohonan rindang, sehingga terlindungi dari panas matahari.

Berburu kaset dan buku bekas di Blok M Square

Puas berolahraga, sekitar pukul 10.00 WIB saatnya berpindah menuju salah satu pusat perbelanjaan, yaitu Blok M Square.

Dari taman Langsat menuju Blok M Square, jaraknya hanya 1 kilometer (km) dan bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 13 menit atau naik kendaraan sekitar 4 menit.

Selain makanan, salah satu yang terkenal dari Blok M Square adalah pusat barang bekas yang berada di lantai bawah atau basement gedung ini.

Pencinta barang bekas bisa berburu aneka benda antik, mulai dari kaset bekas, buku bekas, piringan hitam, kamera analog, jam antik, hingga aksesoris lainnya. Jangan lupa melakukan tawar-menawar dengan pedagang untuk mendapatkan harga terbaik.


Belanja dan makan siang di Plaza Blok M

Menuju siang hari sekitar pukul 12.00 WIB, kamu bisa berpindah ke Plaza Blok M yang hanya berjarak 350 meter dengan waktu jalan kaki 5 menit.

Mal yang sudah berdiri sejak 1990 ini tetap eksis dengan menyediakan puluhan outlet belanja dan kuliner beraneka ragam.

Kamu bisa mengisi perut dengan memilih satu di antara tempat makan yang ada, di antaranya Ta Wan, Pizza Hut, Bebek Dower, D’Cost, Holy Steak, Hoka-Hoka Bento, dan masih banyak lagi.

Usai makan, kamu bisa menurunkan perut sambil berkeliling sejenak jika tertarik untuk belanja.

Beberapa toko yang bisa kamu jajal seperti toko baju, sepatu, hingga tas dengan berbagai merek mulai dari Alexis, Berrybenka, Color Box, Giardano, Elizabeth, The Executive, dan lainnya.

Membaca di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Saat cuaca sudah mulai sejuk dan tidak terlalu terik, perjalanan sore hari bisa dilanjutkan menuju Taman Literasi Martha Christina Tiahahu yang baru direvitalisasi.

Untuk menuju taman ini dari Plaza Blok M, kamu hanya perlu berjalan kaki 300 meter dengan waktu 4 menit.

Taman yang baru diresmikan pada Minggu (18/9/2022) ini memiliki desain yang estetik dan indah.

Tidak hanya rerumputan hijau, sesuai namanya, taman ini menyediakan ruang komunitas, ruang diskusi, dan perpustakaan yang erat dengan literasi.

Sejumlah koleksi buku yang cukup lengkap mulai dari buku anak hingga novel dewasa tersedia di dalam perpustakaan tersebut. Tempatnya juga nyaman, karena dilengkapi pendingin ruangan, sofa, kursi, meja, stop kontak, hingga wifi.

Selain membaca, kamu bisa duduk-duduk santai di area amphitheatre sambil mengobrol dan menikmati suasana taman yang sejuk.

Tak hanya itu, arsitektur taman literasi yang ciamik juga membuat taman ini banyak dijadikan bahan konten.

Mencicipi gultik (gulai tikungan)

Tidak lengkap rasanya kalau ke Blok M tanpa mencicipi gulai tikungan. Kuliner ini merupakan salah satu yang sangat dikenal dari kawasan Blok M.

Dikutip dari Kompas.com (10/9/2013), disebut sebagai gulai tikungan karena banyak pedagang gulai yang mangkal di tikungan jalan tersebut.

Jika dihitung, mungkin ada belasan pedagang gulai di kawasan belakang Blok M Plaza, yang beberapa dari mereka sudah berjualan sejak puluhan tahun lalu.

  • 5 Kuliner di Blok M, Ada Gultik dan Sate RSPP
  • Kangen Makan Gultik? Ikuti Resep Gampang Membuat Gulai Tikungan

Biasanya, tempat-tempat jualan gultik baru akan buka pada pukul 17.00 sore hari, hingga menjelang tengah malam. 

Satu porsi gultik umumnya dibanderol Rp 10.000 dengan porsi yang tidak terlalu besar. Sajian ini lebih enak jika ditambah sate telor, satu usus, atau semacamnya.


Foto-foto di M Bloc

Sekitar pukul 18.00 WIB, kunjungi M Bloc, tempat nongkrong, kuliner, creative space, music venue, dan berisi spot-spot foto instagramable.

Tempat anak-anak muda berkumpul ini tidak hanya dipenuhi outlet kuliner, tetapi juga supermarket, pameran, cafe dengan live music, hingga toko pakaian dan aksesori.

Kamu bisa menikmati pertunjukan musik, sekedar jalan-jalan, cuci mata, atau melihat acara yang berhubungan dengan industri kreatif di sini.

  • Serunya Kulineran Sambil Berburu Foto di Old Shanghai Jakarta
  • 10 Pantai Dekat Jakarta, Cocok untuk Para Pencinta Ketenangan

Apalagi, tempat ini bebas dari biaya masuk alias gratis, pengunjung hanya perlu memindai kode PeduliLindungi.

Selain itu, waktu bukanya hingga pukul 22.00 WIB, sehingga cocok dijadikan tempat hangout saat malam hari. 

https://travel.kompas.com/read/2022/09/26/140200927/seharian-di-blok-m-main-ke-taman-literasi-martha-christina-tiahahu

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+